EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PESERTA DIDIK SMP IT MASJID SYUHADAK YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.91Abstract
pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk menurunkan kecemasan
peserta didik Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT) Masjid Syuhadak
Yogyakarta. Prosedur penelitian mengacu pada tahapan penelitian eksperimen jenis One-
Group Pretest-Postest Design. Subyek eksperimen berjumlah 7 peserta didik yang
diidentifikasi memiliki kecemasan tingkat tinggi berdasarkan hasil asesmen
menggunakan instrumen angket. Eksperimen dilakukan dengan memberikan konseling
kelompok menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy kepada subyek
eksperimen. Data hasil eksperimen dianalisis dengan T-test. Hasil analisis data
menunjukkan nilai t: 8,908 dengan p: 0,00 < 0,05 yang berarti konseling kelompok
menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terbukti efektif
menurunkan tingkat kecemasan peserta didik Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu
(SMP-IT) Masjid Syuhadak Yogyakarta.
Kata kunci: konseling kelompok, REBT, kecemasan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.