EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PESERTA DIDIK SMP IT MASJID SYUHADAK YOGYAKARTA

Authors

  • Citra Sari Univeristas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Makin - Univeristas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.91

Abstract

Penelitian bertujuan menemukan bukti empiris keefektifan konseling kelompok dengan
pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk menurunkan kecemasan
peserta didik Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT) Masjid Syuhadak
Yogyakarta. Prosedur penelitian mengacu pada tahapan penelitian eksperimen jenis One-
Group Pretest-Postest Design. Subyek eksperimen berjumlah 7 peserta didik yang
diidentifikasi memiliki kecemasan tingkat tinggi berdasarkan hasil asesmen
menggunakan instrumen angket. Eksperimen dilakukan dengan memberikan konseling
kelompok menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy kepada subyek
eksperimen. Data hasil eksperimen dianalisis dengan T-test. Hasil analisis data
menunjukkan nilai t: 8,908 dengan p: 0,00 < 0,05 yang berarti konseling kelompok
menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terbukti efektif
menurunkan tingkat kecemasan peserta didik Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu
(SMP-IT) Masjid Syuhadak Yogyakarta.
Kata kunci: konseling kelompok, REBT, kecemasan

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Sari, C., & -, M. (2019). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PESERTA DIDIK SMP IT MASJID SYUHADAK YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.91

Citation Check