Eksperimentasi Direct Instruction Dengan Giving Questions And Getting Answers Terhadap Kreativitas Mahasiswa Pada Matakuliah Statistika

Authors

  • Muhammad Zainudin IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v1i2.110

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manakah pembelajaran yang menghasilkan kreativitas siswa yang lebih baik, pada siswa yang diajar menggunakan Direct Instruction dengan Giving Questions and Getting Answers atau Direct Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, sehingga terambil 2 kelas yakni tingkat III-E yang terdiri dari 42 mahasiswa dan tingkat III-C yang terdiri dari 40 mahasiswa.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa-siswa yang diajar menggunakan Direct Instruction dengan Giving Questions and Getting Answers menghasilkan kreativitas yang lebih baik daripada mahasiswa-mahasiswa dengan Direct Instruction.

 

Kata kunci: Direct Instruction, Giving Questions and Getting Answers, kreativitas siswa.

Downloads

Published

2014-12-20

Citation Check