Pembelajaran Interaktif Dengan Mouse Mischieff Pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v1i2.112Abstract
Mata kuliah Kalkulus, Aljabar, Geometri, Analisis Real, dan Fungsi Komplek adalah beberapa contoh mata kuliah yang berisikan konsep-konsep dasar pada matematika yang cukup abstrak sehingga banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk memahaminya. Mahasiswa membutuhkan visualisasi sehingga mereka bisa menguasai dan memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran interaktif dengan mouse mischief dilihat dari keaktifan dan hasil belajar mahasiswa dibanding dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional.
Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dengan menggunakan mouse mischieff lebih efektif meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode konvensional pada mata kuliah kalkulus lanjut.
Â
Kata Kunci:Mouse Mischieff, Kalkulus Lanjut, Interaktif
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).