Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i1.113Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat manakah yang lebih baik antara prestasi mahasiswa laki-laki dan perempuan,melihat manakah yang lebih baik antara prestasi mahasiswa dengan motivasi tinggi, sedang, dan rendah, dan pada masing-masing kategori motivasi mahasiswa, prestasi manakah yang lebih baik antara laki-laki atau perempuan.  Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan faktorial 2x3. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi. Dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Selain itu digunakan uji prasarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Semua pengujian dibantu dengan software SPSS 16. Hasil penelitiannya adalah prestasi mahasiswa perempuan sama dengan prestasi mahasiswa laki-laki pada pembelajaran teori peluang. Prestasi mahasiswa dengan motivasi tinggi sama dengan prestasi mahasiswa dengan motivasi sedang atau rendah pada pembelajaran teori peluang. Dan pada masing-masing kategori motivasi mahasiswa, prestasi mahasiswa perempuan sama dengan mahasiswa laki-laki pada pembelajaran teori peluang.
Â
Kata Kunci: Motivasi, jenis kelamin, prestasi
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).