Strategi Guru Dalam Membelajarkan Matematika Terkait Pengetahuan Konseptual Kepada Anak Tunanetra

Authors

  • Anita Dewi Utami IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Puput Suriyah IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i1.114

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi bangun ruang sisi datar kepada anak tunanetra di SLB Muhammadiyah Cepu.Subjek pada penelitian ini adalah guru matematika dan seluruh kelas VIII di SLB Muhammadiyah Cepu. Data pada penelitian ini adalah data mengenai strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi bangun ruang sisi datar yang dihasilkan melalui observasi dan transkripsi data pada saat proses pembelajaran dalam dua kali observasi. Validasi data yang digunakan adalah member check, yaitu proses pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada subjek penelitian untuk menguji kemungkinan dugaan-dugaan yang berbeda. Hasil dari penelitian ini pada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup adalah guru menerapkan pembelajaran gerak dan irama.Sedangkan pada kegiatan inti, strategi guru dalam membelajarkan matematika yatg terkait pengetahuan konseptual pada materi bangun ruang sisi datar adalah dengan mengimplementasikan teori belajar bruner pada tahap enaktif, dengan mengenalkan konsep dari bentuk bangun ruang sisi datar dengan menggunakan media atau alat peraga yang terbuat dari kayu.

 

Kata Kunci: strategi guru, pengetahuan konseptual, pembelajaran matematika, anak tunanetra.

Downloads

Published

2015-07-20

Citation Check