Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Prestasi Dan Sikap Belajar Matematika

Authors

  • Yeni Rahmawati Edy Suwito Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i1.117

Abstract

Penting bagi guru untuk memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Pemilihan dan penggunaan pendekatan pembelajaran harus bisa mengarahkan siswa belajar lebih aktif sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari prestasi belajar; (2) keefektifan pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari sikap belajar; dan (3) perbedaan keefektifan pendekatan open-ended dan pendekatan CTL ditinjau dari prestasi dan sikap belajar matematika.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sekampung yang terbagi dalam lima kelas sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara acak. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial yang meliputi: 1) one sample t-test yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL pada masing-masing variabel; 2) analisis multivariat (MANOVA) yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL secara simultan pada kedua variabel dependen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan open-ended dan CTL sama-sama efektif  ditinjau dari prestasi belajar; 2) pendekatan open-ended dan CTL sama-sama efektif  ditinjau dari sikap belajar; dan 3) tidak ada perbedaan keefektifan antara pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari prestasi dan sikap belajar matematika.

 

Kata kunci:      Open-Ended, Contextual Teaching and Learning (CTL), prestasi belajar, sikap belajar.

Downloads

Published

2015-07-20

Citation Check