Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Prestasi Dan Sikap Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i1.117Abstract
Penting bagi guru untuk memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Pemilihan dan penggunaan pendekatan pembelajaran harus bisa mengarahkan siswa belajar lebih aktif sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari prestasi belajar; (2) keefektifan pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari sikap belajar; dan (3) perbedaan keefektifan pendekatan open-ended dan pendekatan CTL ditinjau dari prestasi dan sikap belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sekampung yang terbagi dalam lima kelas sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara acak. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial yang meliputi: 1) one sample t-test yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL pada masing-masing variabel; 2) analisis multivariat (MANOVA) yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL secara simultan pada kedua variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan open-ended dan CTL sama-sama efektif ditinjau dari prestasi belajar; 2) pendekatan open-ended dan CTL sama-sama efektif ditinjau dari sikap belajar; dan 3) tidak ada perbedaan keefektifan antara pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari prestasi dan sikap belajar matematika.
Â
Kata kunci: Â Â Â Â Open-Ended, Contextual Teaching and Learning (CTL), prestasi belajar, sikap belajar.Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).