Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus Untuk Memahamkan Konsep

Authors

  • Sumargiyani Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Ardi Dwi Susandi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Muhammad Asrori Ainurrahman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Bidayatun Nafi'ah Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-6619-5734

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1727

Abstract

This research is motivated by the difficulty of students understanding the concept of integration techniques through bold learning, so that a concept understanding-based learning video is needed for flat area material. This study aims to develop learning videos and determine the validity and practicality of the videos produced. This type of research is in the form of ADDIE model development research (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research subjects were class B students, batch 2020, the Ahmad Dahlan University Mathematics Education study program. The results of the assessment from material experts obtained an average score of 4.77 with very good criteria, from material experts obtained an average score of 4.55 with very good criteria, and from student responses a score of 3.50 was obtained with good criteria so that it can be concluded that the video Integral calculus learning is valid and practical to use.

 

Keywords: integral calculus, learning videos, trigonometric functions

References

Alfania. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis. Jurnal Derivat, 6(2), 116-123. Diunduh di https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/502, pada 12 Juli 2021.

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 173-187. Diunduh di http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/3621, pada 12 Juli 2021.

Baharrudin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 90-97. Diunduh di https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1974, pada 12 Juli 2021.

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Jurnal Halaqa, 3(1), 35-43. Diunduh di http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/2124, pada 12 Juli 2021.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, Y. D., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematics Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal ANARGYA, 1(1), 14-20. Diunduh di https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2280, pada 12 Juli 2021.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44. Diunduh di https://www.neliti.com/id/publications/266424/peningkatan-pemahaman-konsep-matematis-melalui-penggunaan-media-kantong-bergamba, pada 12 Juli 2021.

Handarini, O., & Wulandari, Y. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503, pada 15 Juli 2021.

Ma'ruufah, M. A., Gestiardi, R., & Chumdari. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 36-42. Diunduh di https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/36-42/0, pada 13 Juli 2021.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 06(01), 1-8. Diunduh di https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/2994, pada 13 Juli 2021.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8-18. Diunduh di https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650/1402, pada 13 Juli 2021.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187. Diunduh di https://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/52, pada 12 Juli 2021.

Puspasari, R., & Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf Dengan Model ADDIE. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 2(1), 85-100. Diunduh di http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/702, pada 12 Juli 2021.

Rachmawati, N., & Sumargiyani, S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Konstektual Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP. Linear: Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-14. Diunduh di https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/3106, pada 14 Juli 2021.

Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Getaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 91-101. Diunduh di https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/5901, pada 12 Juli 2021.

Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19-30. Diunduh di https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/10147, pada 14 Juli 2021.

Santari, D. M., & Susetyawati, M. E. (2019). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 47-63. Diunduh di https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/855, pada 14 Juli 2021.

Santi, I. K., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 35-44. Diunduh di https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9673, pada 16 Juli 2021.

Saputra, M. E., & Mujib. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179. Diunduh di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/article/view/2389, pada 14 Juli 2021.

Setiyani, & Santi, D. P. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Jurnal Derivat, 6(1), 1-11. Diunduh di https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/331, pada 16 Juli 2021.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-12-20

Citation Check