Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.233Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori di kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling.Pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes tertulis, yaitu pre-test dan post-test.Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji kesamaan dua rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping efektif digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari hasil post-test kemampuan berpikir kritis matematika siswa telah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 70% dengan KKM ketercapaian yaitu 75. Hal initerbukti dari pencapaian KKM klasikal 86,67% dan perhitungan pengujian hipotesis  = 1,992 >  = 1,64 jadi terima  pada taraf nyata 5%; (2) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Hal ini terbukti dari perhitungan pengujian hipotesis  = 1,93>  = 1,67 jadi terima hipotesis  pada taraf nyata 5%. Dengan demikian kesimpulannya penggunaan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori.
Â
Kata kunci:Â Efektifitas Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping, Metode Pembelajaran Ekspositori, Kemampuan Berpikir KritisDownloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).