Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

Novika Ratna Nuriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori di kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling.Pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes tertulis, yaitu pre-test dan post-test.Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji kesamaan dua rata-rata.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping efektif digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari hasil post-test kemampuan berpikir kritis matematika siswa telah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 70% dengan KKM ketercapaian yaitu 75. Hal initerbukti dari pencapaian KKM klasikal 86,67% dan perhitungan pengujian hipotesis  = 1,992 >  = 1,64 jadi terima  pada taraf nyata 5%; (2) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Hal ini terbukti dari perhitungan pengujian hipotesis  = 1,93>  = 1,67 jadi terima hipotesis  pada taraf nyata 5%. Dengan demikian kesimpulannya penggunaan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci: Efektifitas Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping, Metode Pembelajaran Ekspositori, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

##PDF##


DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.233

Article Metrics

Abstract view : 110 times
##PDF## - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter 

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Derivat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing By: