Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe RTE

Authors

  • Farida Dwi Lagawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.234

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pandak Kabupaten Bantul tahun ajaran 2013/2014 dan objek penelitian adalah minat dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif berbentuk persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pandak Kabupaten Bantul. (1) Minat belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I persentase rata-rata minat 68,99% (kualifikasi cukup), dan pada siklus II 81,04% (kualifikasi tinggi). (2) Prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan, yaitu pada pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 58,11 dengan persentase ketuntasan belajar 30,55% (kualifikasi rendah), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 75,28 dengan persentase ketuntasan belajar 66,67% (kualifikasi cukup), dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 87,08 dengan persentase ketuntasan belajar 91,67% (kualifikasi tinggi).

 

Kata kunci : Pembelajaran kooperatif  tipe Rotating Trio Exchange (RTE), minat belajar, prestasi belajar

Downloads

Published

2017-07-20

Citation Check