Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Authors

  • Leny Prihastuti Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Ahmad Riyadi Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.235

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII E SMP N 2 Pajangan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pajangan, dengan subyek penelitian kelas VII E yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara guru matematika kelas VII E SMP N 2 Pajangan dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi sifat-sifat bangun segiempat dan keliling serta luas bangun segiempat, siswa mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematika.

 

Kata Kunci: Komunikasi matematika, model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

Downloads

Published

2017-07-20

Citation Check