Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis

Authors

  • Farida Ulfah Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis  pada pembelajaran matematika dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKS pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 11 Yogyakarta.

            Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif pada bulan Mei sampai dengan Juni 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 11 Yoogyakarta sejumlah 34 siswa tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan desain spiral Kemmis dan Taggart. Tindakan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan  adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dibuktikan dari : (1) persentase rata-rata untuk kemampuan berpikir kritis pada pra tindakan sebesar 36,27% dengan kriteria sangat rendah, pada siklus I sebesar 60,29% dengan kriteria sedang, dan meningkat pada siklus II menjadi 89.71% dengan kriteria sangat tinggi. (2) Persentase rata-rata untuk kemampuan berpikir logis pada pra tindakan sebesar 31,94% dengan kriteria sangat rendah, dan menjadi 47,57% dengan kriteria rendah pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 83,72% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. (3) Persentase rata-rata pada observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan. Pada siklus 1 persentase rata-rata sebesar 68,33% dengan kriteria tinggi dan pada siklus II menjadi 88,96% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis pada pembelajaran matematika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 11 Yogyakarta.

 

Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Logis.

Downloads

Published

2017-07-20

Citation Check