Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Saat Pandemi

Authors

  • Yoga Handita Handita Ahmad Dahlan University, Indonesia
  • Puguh Wahyu Prasetyo Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Sugiyem Sugiyem Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.2990

Abstract

The education sector is feeling the impact of the COVID-19 pandemic. During the pandemic, the procedure for teaching and learning activities (TLA) changes according to the circumstances, this greatly affects the level of student learning activity (SLA). The purpose of this study is to improve SLA using the discovery learning mode (DLM) which is accompanied by the TPACK approach in mathematics teaching and learning. The type of research used is classroom action research (CAR), in this CAR it uses two cycles and each cycle has two meetings. This PTK takes the research subject, namely students of class X MIPA 2 SMAN 1 Bantul in the even semester of the 2021/2022 academic year. The results of this CAR show that there is an increase in SLA in mathematics learning using MDL. The increase in the SLA value can be seen from the pre-cycle results with the percentage value of 62.8% increasing to 71.42% after going through the action during the first cycle, then during the second cycle there was an increase with the percentage value of 89.7%. In cycle II, all SLA indicators have reached the desired criteria. The desired SLA criteria are with a minimum score percentage of 75% with high criteria.

Keywords: discovery learning, Classroom Action Research, Student Learning Activity

Author Biographies

Yoga Handita Handita, Ahmad Dahlan University

Nama Yoga Handita lahir di Boyolali pada tanggal 4 April 1998. Pendidikan terkahir yaitu S-1 Pendidikan Matematika di Universitas Ahmad dahlan dan memperoleh gelar S.Pd. Saat sedang menempuh studi Pendidikan Profesi Guru di Universitas Ahmad dahlan. Nomor telepon yang bisa dihubungi 085600914492 dan email: yoga2107663091@webmail.uad.ac.id

Puguh Wahyu Prasetyo, Universitas Ahmad Dahlan

Nama Puguh Wahyu Prasetyo lahir di Blora pada tanggal 22 Juli 1988. Riwayat pendidikan yang dimiliki yaitu menyelesaikan S-1 Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta, menyelesaikan S-2 Matematika di Universitas Gadjah Mada, menyelesaikan S-3 Matematika di Universitas Gadjah Mada. Gelar yang dimiliki pada bagian depan Dr dan bgian belakang S.Si., M.Sc. Saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Ahmad Dahlan. Nomor yang bisa dihubungi 08562911061 dan email: puguh.prasetyo@pmat.uad.ac.id

Sugiyem Sugiyem, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul

Nama Sugiyem lahir di Bantul pada tanggal 6 Juni 1970. Riwayat pendidikan yang dimiliki yaitu menyelesaikan S-1 Pendidikan Matematika di Universitas Ahmad Dahlan, menyelsaikan S-2 Pendidikan Matematika di Universitas Negeri sebelas maret Surakarta. Gelar yang dimiliki yaitu S.Pd., M.Pd. Saat ini bekerja sebagai guru di SMA Negeri 1 Bantul. nomor telepon yang bisa dihubungi 0813287855125 dan email: sugi.math653@gmail.com

References

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Martinis, Y., 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:Referensi (GP Press Group).

Muhamad N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9-22. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/79/81

Pujiriyanto. 2019. Modul 2 PPG Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta

Putri, E.P., Amelis, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83-88. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/406/297

Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosdikarya.

Syah, M., 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ulun, 2013. Pembelajaran Aktif: Teori Dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-07-19

Citation Check