Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Teknik Tutorial Berbasis Kemampuan Konseptual Pada Mata Pelajaran Integral
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i1.333Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang berfungsi untuk menjelaskan sebagian dari keseluruhan program pembelajaran yang sulit dijelaskan seecara verbal ( Musfiqon, dalam Okto Ardiansyah, 2012). Matematika seringkali dianggap suatu hal yang menakutkan dikalangan siswa di sekolah karena identik dengan banyaknya konsep, khususnya pada materi integral dimana materi tersebut baru diperkenalkan pada siswa SMA sehingga siswa banyak yang mengalami kesulitan bahkan seringkali dirasakan sangat absrak sehingga dirasa kurang ada manfaatnya di kehidupan sehari-hari. Artikel ini merupakan hasil penelitian pengembangan produk dalam bentuk video tutorial pada materi integral untuk siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini memenfaatkan video tutorial sebagai media pembeajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penelitan ahli materi dan media terhadapmedia pembelajaran. Setelah media pembelejaran dibuat selanjutnya divalidasi oleh tim ahli. Validasi dilakukan oleh satu ahli materi dan ahi desain. Setelah media divalidasi dan direvisi kembali menemukan kelemahan maka selanjutnya akan diuji coba penggunaanya. Dari hasil analisis validasi terhadap video tutorial pada materi integral diperoleh 81,25. Ini artinya mediapembelajaran yang telah dibuat sesuai dengan tujuan penggunaan mediapembelajaran. Sehingga media pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru Matematika SMA khususnya pada pembelajaran materi integral.
Â
Kata Kunci: video tutorial, kemampuan konseptualDownloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).