Pengaruh Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) dan Komunikasi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Mira Gusniwati Universitas indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.5082

Abstract

The aim of this study is to determine the influence of Reading Comprehension and mathematics communication towards mathematics problem solving ability. The method used in this study is a survey method. Analysis using multiple regression and correlation techniques. Sample size is 29 students. They are saturated samples. The instrument used was essay test to measure Reading Comprehension ability dan mathematics problem solving ability, whereas for mathematics communication was measured by essay test and oral test. Hypothesis testing results show that: 1) there is the influence of Reading Comprehension and mathematics communication together toward mathematics problem solving ability, 2) there is the influence of Reading Comprehension on mathematics problem solving ability, 3) there is the influence of mathematics communication on mathematics problem solving ability.

Keywords: Reading Comprehension, Mathematical Communication, Problem Solving Ability

References

Afifah, Ulfa Nur, dkk. 2020. “Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kebiasaan Belajar Matematika pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom” dalam Seminar Nasional Pascasarjana. 251-255

Amalia, Fitri dan Sutirna. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Luas dan Volume Kubus Balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika” Sesiomadika. Diunduh di: http//journal. unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Astuti, Anggraini dan Leonard. 2012. “Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa” dalam Jurnal Formatif, 2(2), 102-110

Auzar. 2013. “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Bahasa Soal Hitungan Cerita Matematika Murid-Murid Kelas 5 SD 006 Pekanbaru” dalam Jurnal Bahas. Volume (8). No (1),33-38

Hanun, F. 2009. “Pengaruh Kemampuan komunikasi Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Think-Talk-Write” dalam Jurnal Penelitian Matematika, 7(2), 99-116

Hendriana, H., Soemarmo, U. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT.Refika Aditama.

Krismanto, Wayan, dkk.(2015). “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metodologi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQBR) pada peserta didik kelas IV SD Negeri 46 Parepare” dalam Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol (5), 235.

Kurniawan. (2006) Siap juara Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: Erlangga.

Larasati., Putri., Mustika 2017. “Peningkatan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMK Tama Siswa Suka Damai Kabupaten Asahan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah” dalam. Jurnal Paradikma, Vol (8), 3.

Layali, Nunung Khafidatul dan Masri. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Treffinger” dalam Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol (5) No (2), 137-144

Prayitno Sudi, dkk, “Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Perbedaan Gender” dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan UNNES, 895-900

Purwanto, W.R.2019. “Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persfektif Gender” dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana

Setiyoko.2016. “Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Pengasih” diunduh dari Lumbung Pustaka.Universitas Negeri Yogyakarta.http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44124

Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumarmo, dan Surya, E., 2013. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan

MasalahMatematika Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievment (STAD)” dalam Jurnal Paradikma Pendidikan Matematika. 7(1).

Supardi U.S. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Ulvah, Shovia. 2016. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Melalui Model SAVI dan Konvensional” dalam Jurnal Riset Pendidikan.Vol.2. No. 2. November 2016. ISSN: 2460-1470 142. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Garut.

Zulkarnain, Ihwan. 2015. “Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa” dalam Jurnal Formatif, 5(1): 42-54

Downloads

Published

2023-08-28

Citation Check