Resiliensi dan Disposisi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika

Authors

  • Retariandalas Retariandalas Universitas Indraprasta PGRI
  • Anik Pujiati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i3.5096

Abstract

Disposisi dan resiliensi matematis mempunyai peran penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi matematis dan resiliensi matematis mahasiswa pendidikan matematika dan korelasinya. Sampel pada penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 4 yang berjumlah 114 orang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor disposisi dan resiliensi matematis mahasiswa masuk dalam golongan sedang. Dari hasil analisis korelasional menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang lemah antar kedua variabel. Untuk hasil regresi diperoleh nilai sig kurang dari 0,05 maka secara regresi dapat diketahui terdapat pengaruh antara variabel disposisi dan resiliensi matematis.

References

Ariyanto, L. et al .2017. Developing Mathematical Resilience of Prospective Math Teacher. J. Phys.: Conf. Ser. 895 012062. Diunduh pada pdf (iop.org) tanggal 24 Juni 2023.

Hakim, A. R. 2019. Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Vol 5

Hartati, L. 2013. Pengaruh gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 3, No 3.

Hastaruddin. 2008. Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah dan Alternatif Pemecahannya. Pythagoras: Jurnal Matematika Pendidikan Matematika. Vol 4, No 1.

Johnston-Wilder, Sue and Lee, Clare (2010). Developing mathematical resilience. In: BERA Annual Conference 2010, 1-4 Sep 2010, University of Warwick

Kilpatrick, J., Swafford, J & Findell, B. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematic. National Academy Press, Washington DC.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. 2020. Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99-108.

Lee, C. & Penny, R. W. (2022) Agency and fidelity in primary teachers’ efforts to develop mathematical resilience, Teacher Development, 26:1, 75-93.

NCTM. 1999. Glenda Lappan: Fostering a Good Mathematical Disposition. NCTM News Bulletin.

Permatasari, K.G. 2021. Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Journal Pedagogy. Vol 14, No 2.

Rahmah, Nur. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.1 (2), 1-10.

Sumarmo, U. (2013). Pengembangan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika, UPI.

Sumarmo, U. (2013). Mathematical Creativity and Disposition. Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika, UPI.

Supriatna, A & Zulkarnaen, R. 2020. Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa. Prosiding Sesiomadika. Vol 2, No 1c.

Siegel, H. 1999. What (Good) Are thinking Disposition? Journal Educational Theory. Vol.49 (2), 207-222.

Kooken, Janice; Welsh, Megan E.; Mccoach, D. Betsy; Johnson-Wilder, Sue and Lee, Clare (2013). Measuring mathematical resilience: an application of the construct of resilience to the study of mathematics. In: American Educational Research Association (AERA) 2013 Annual Meeting: Education and Poverty: Theory, Research, Policy and Praxis, 27 Apr - 1 May 2013, San Francisco, CA, USA.

Uyun, Z. 2012. Resiliensi dalam Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami. Hal 200-208

Xenofontos,C & Mouroutsou, S. 2022. Resilience in Mathematics education research: a systematic review of empirical studies. Scandinavian Jounal of educational Research

Downloads

Published

2023-12-25