Gaya Kognitif Field Dependent Dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis Antara Pembelajaran Langsung Dan STAD

Authors

  • Agung Putra Wijaya Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.713

Abstract

Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara gaya kognitif field dependent dan tingkat pemahaman konsep matematis pada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung dan STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Lampung Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sampel penelitian. Metode tes diterapkan untuk mengumpulkan data. Instrumen penelitianini berupa GEFT dan tes pemahaman konsep matematis pada materi persamaan garis lurus. Berdasar pada hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa (1) terdapat korelasi positif antara gaya kognitif field dependent dan tingkat pemahaman konsep matematis pada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung dan (2) tidak terdapat korelasi positif antara gaya kognitif field dependent dan tingkat pemahaman konsep matematis pada siswa yang dikenai model pembelajaran STAD. Hasil ini berimplikasi bahwa model pembelajaran mempengaruhi tingkat pemahaman matematis siswa yang bergaya kognitif field dependent.

Kata kunci:field dependent, pemahaman konsep, pembelajaran langsung, STAD

Downloads

Published

2016-12-20