Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen Matematika Stmik Duta Bangsa Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.714Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kinerja dosen matematika pada proses perkuliahan melalui  kegiatan lesson study dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan  yaitu menerapkan lesson study untuk meningkatkan kinerja dosen matematika. Metode pengumpulan data yaitu observasi terhadap dosen model dalam perkuliahan, metode angket dan wawancara mendalam. Penelitian ini dilaksanakan di sebuah Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer di Surakarta. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Oktober – November 2016 sebanyak dua siklus penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 dosen dengan keahlian  matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan angket tertutup tentang respon mahasiswa setelah dosen mengajar. Metode analisis data menggunakan pendekatan proses siklik yakni data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan (sejak dari plan-do-see), dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung sampai diperoleh pembelajaran yang berkualitas/professional. Metode analisis data ini terdiri dari tiga langkah yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi kegiatan lesson study dapat meningkatkan kinerja dosen matematika pada proses perkuliahan.
Kata Kunci: Lesson study, Kinerja Dosen, matematikaDownloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).