Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen Matematika Stmik Duta Bangsa Surakarta

Authors

  • Anisatul Farida STMIK Duta Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.714

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kinerja dosen matematika pada proses perkuliahan melalui  kegiatan lesson study dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan  yaitu menerapkan lesson study untuk meningkatkan kinerja dosen matematika. Metode pengumpulan data yaitu observasi terhadap dosen model dalam perkuliahan, metode angket dan wawancara mendalam. Penelitian ini dilaksanakan di sebuah Sekolah Tinggi Manajemen  dan Ilmu Komputer di Surakarta. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Oktober – November 2016 sebanyak dua siklus penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 dosen dengan keahlian  matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan angket tertutup tentang respon mahasiswa setelah dosen mengajar. Metode analisis data menggunakan pendekatan proses siklik yakni data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan (sejak dari plan-do-see), dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung sampai diperoleh pembelajaran yang berkualitas/professional. Metode analisis data ini terdiri dari tiga langkah yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi kegiatan lesson study dapat meningkatkan kinerja dosen matematika pada proses perkuliahan.

Kata Kunci: Lesson study, Kinerja Dosen, matematika

Downloads

Published

2016-12-20

Citation Check