PENGARUH PUTARAN MIXTURE ADJUSTING SCREW DAN SPEED ADJUSTING SCREW DENGAN VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR
DOI:
https://doi.org/10.31316/jatve.v2i1.1486Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar dengan variasi penyetelan   mixture adjusting screw  dan putaran    speed adjusting screw  . 2) Mengetahui pengaruh variasi celah katup terhadap konsumsi bahan bakar Sepeda Motor. 3) Mengetahui pengaruh variasi putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis Deskriptif untuk mengetahui tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar dengan variasi penyetelan  idle   mixture adjusting screw . Dan  idle   speed adjusting screw  serta mengetahui pengaruh variasi penyetelan celah katup terhadap konsumsi bahan bakar. Penelitian ini dilakukan di Bengkel Laboratorium PVTMO Unisvet. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2007 dipengaruhi dengan variasi  idle   Speed Adjusting Screw  dan  idle  mixture adjusting screw  dan celah katup. Teknik analisis data dengan deskriptif yang membandingkan pengaruh variasi  idle   speed adjusting screw  dan  idle mixture adjusting srew dan celah katup terhadap konsumsi bahan bakar Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2007. Hasil penelitian : 1). Penelitian pengaruh konsumsi bahan bakar dengan celah katup (IN 0,02 – OUT 0,05) dan  idle  mixture adjusting screw  1/5, 1, dan 2 putaran dengan hasil  idle  mixture adjusting screw  (IMAS ) (1/5) yaitu 33 ml ( 2000 RPM ), 38 ml ( 3000 RPM ) dan 48 ml ( 4000 RPM ). Selanjutnya pada IMAS (1 ) yaitu 13 ml ( 2000 RPM ), 19 ml ( 3000 ) dan 26 ml ( 4000 RPM ). Kemudian pada IMAS (2) yaitu 12 ml ( 2000 RPM ), 17 ml ( 3000 RPM ) dan 23 ml ( 4000 RPM). 2). Pengaruh konsumsi bahan bakar dengan celah katup ( IN 0,05 – OUT 0,08 ) dan  idle  mixture adjusting screw  1/5, 1, dan 2 putaran. Dengan hasil  idle  mixture adjusting screw  ( IMAS ) (1/5) yaitu 24 ml (2000 RPM), 32 ml (3000 RPM) dan 43 ml (4000 RPM). Hasil dari IMAS (1) yaitu 12 ml (2000 RPM), 17 ml (3000 RPM) dan 23 ml (4000 RPM). Kemudian hasil dari IMAS (2) yaitu 10 ml (2000 RPM), 15 ml (3000 RPM) dan 22 ml (4000 RPM ). 3). Dari hasil penelitian pengaruh konsumsi bahan bakar dengan celah katup (IN 0,15 – OUT 0,15) dan  idle  mixture adjusting screw  (1/5, 1 dan 2) putaran selama 3 menit, menunjukkan hasil  mixture adjusting screw  (IMAS) (1/5) yaitu 22 ml (2000 RPM), 29 ml (3000 RPM) dan 38 ml ( 4000 RPM). Hasil dari IMAS (1) yaitu 10 ml (2000 RPM), 15 ml (3000 RPM) dan 21 ml (4000 RPM). Kemudian hasil dari IMAS (2) yaitu 9 ml (2000 RPM), 14 ml (3000 RPM) dan 19 ml (4000 RPM).References
Balich, Garret W., dan Conrad R. A. 2004. The Gasoline 4-Stroke Engine for Automobiles. Notre Dame: Department of Aerospace and Mechanical Engineering, University of Notre Dame, IN 46556.
Chandrasa, G.T. 2009. Penelitian Hidrogen Sebagai Bahan Bakar Sepeda Motor Listrik Yang Berkesinambungan. Prosiding Seminar Nasional Daur Bahan Bakar. Serpong: B2TE-BPPT Batan, Energy Technologi Laboratory.
Cohn, Daniel. R. 2006. Onboard–Plasmatron Hydrogen Production. Argonne National laboratory. Massachusetts Institute of Technology. 85.
Faiz, A., Christoper S. W., dan Michael P.W. 1996. Air Pollution from Motor Vehicles, Standards and Technologies for Controlling Emissions. Washington, D.C.: The World Bank.
Ghazal, Osama. 2013. A Theoretical Study of the SI Engine Performance Operating with Different Fuels. International Journal of Mechanical, Aerospace, Industrial, Mechatronic and Manufacturing Engineering, 7/12: 2526-2529
Granlund, Moa Z. 2015. Fuel Reforming for Hydrogen Production in Heavy- Duty Vehicle Applications. Doctoral Thesis in Chemical Engineering. Stockholm: KTH School of Chemical Science and Engineering, Sweden.
Hirai, T., N. Ikenaga, T. Miyake., and T. Suzuki, 2005. Production Of Hydrogen By Steam Reforming Of Glycerin On Ruthenium Catalyst. Energy And Fuels,19, 1761-1762
Holley Inc. 2004. Commander 950 Pro Total Engine Management System Electronic and Fuel Injection Manual. USA: Holley Inc.
Iyer, Narayan V. 2012. A Technical Assessment of Emissions and Fuel Consumption Reduction Potential From Two and Tree Wheelers in India. Prepared for: the International Council on Clean Transportation. Washington DC.
Kalkan, N., K.H. Luo, dan Erdogan G. 2014. An Overview of Hydrogen Fuelled Internal Combustion Engines. IJASR International Journal of Academic and Scientific Research. 2/4: 58-70. ISSN: 2272-6446
Murdianto, Imam. 2016. Perbedaan Performa (Daya, Torsi, dan Konsumsi Bahan Bakar)
Suyanto, Wardan. 1989. Teori Motor Bensin.Jakarta :Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.