PROTOTYPE SMART SWITCH SYSTEM PADA SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO BERBASIS APLIKASI ANDROID

Sembodo Lanang, Slamet Supriyadi, Agus Mukthar

Abstract


Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif saat ini semakin pesat. Teknologi otomotif yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan baik mobil atau sepeda motor semakin beragam. Berbagai teknologi yang dikembangkan tentu akan dinikmati oleh poengguna kendaraan dengan tipe paling baru, sedangkan kendaraan dengan teknologi yang lama akan semakin ditinggalkan. Penelitian ini merupakan pembuatan system penyalaan dan penguncian otomatis untuk kendaraan sepeda motor dengan memanfaatkan Wifi. System ini memiliki tujuan untuk menggantikan kunci kontak manual pada sepeda motor dengan menggunakan Wifi dan aplikasi android sebagai system kendali jarak jauh dan mikrokontroler Arduino Uno untuk membaca perintah yang dilakukan melalui Wifi pada smartphone. Untuk pengoprasiannya menggunakan aplikasi android yang sudah dibuat dan dirancang dengan menggunakan software MIT App inventor. Pada hasil pengujian menunjukan bahwa system aplikasi android mampu bekerja sesuai skema yang telah dirancang dengan jarak maksimal yang diperoleh antara smartphone dan sepeda motor melalui media Wifi adalah ± 25 m.


Full Text:

##PDF##

References


Effendi, Noverta, Adlian Jefiza, and Finanta Okmayura. n.d. “Sistem Kendali Cerdas Untuk Keamanan Sepeda Motor Berbasis Android.” 61–72.

Herdiansyah, Pradita. 2017. “Analisis Keamanan Dan Penerapan Kriptografi Pada Sistem Keyless Entry Mobil.” Analisis Keamanan Dan Penerapan Kriptografi Pada Sistem Keyless Entry Mobil.

Jasa, Lie. 2019. “GPS Tracker Berbasis Mikrokontroler Dan Aplikasi Andrloid.” 18(3).

Kholilah, Ika, and Adnan Rafi Al Tahtawi. 2017. “Aplikasi Arduino-Android Untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor.” Jurnal Teknologi Rekayasa 1(1):53. doi: 10.31544/jtera.v1.i1.2016.53-58.

P, Mahfud Ichsan Adi. 2017. “Rancangan Sistem Start Engine Dan Alarm Pada Sepeda Motor Menggunakan Arduino Uno.” Publikasi Ilmiah 1–12.

Tri Wibowo, Adi, Irma Salamah, and Ahmad Taqwa. 2020. “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis Iot (Internet of Things).” Jurnal Fasilkom 10(2):103–12. doi: 10.37859/jf.v10i2.2083.




DOI: https://doi.org/10.31316/jatve.v2i1.1487

Article Metrics

Abstract view : 14 times
##PDF## - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY