STUDI ANALISIS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KENDARAAN LISTRIK HIBRIDA

Authors

  • Dwiki Muda yulanto Universitas Negeri Medan, Medan.
  • Henry Iskandar Universitas Negeri Medan, Medan.

DOI:

https://doi.org/10.31316/jatve.v2i1.1488

Abstract

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor setiap tahun tahun semakin naik. Hal tersebut akan berdampak pada konsumsi bahan bakar fosil yang berlebihan dan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, perlu kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan yaitu kendaraan berbasis listrik. Salah satu yang termasuk pada kendaraan berbasis listrik adalah kendaraan listrik hibrida. Studi ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang kendaraan listrik hibrida. Penelitian ini menggunakan metode survei literature dengan Systematic Literature Review (SLR). Hasil dari studi ini bahwa kendaraan hibrida listrik (KLH) merupakan kendaraan yang memiliki lebih dari satu sumber energi penggerak yaitu mesin konvensional dan mesin listrik. Kendaraan listrik hibrida dapat diklasifikan berdasarkan konstruksi atau konfigurasinya dan berdasarkan tingkat kehibridannya. Berdasarkan konfigurasinya kendaraan listrik hibrida terbagi menjadi tiga yaitu Series Hybrid Electric Vehicle (S-HEV), Paralle Hybrid Electric Vehicle (P-HEV), dan Series-Parallel Hybrid Electric Vehicle (SP-HEV). Berdasarkan tingkat kehibridannya kendaraan listrik hibrida terbagi menjadi empat yaitu Micro Hybrid, Mild Hybrid (MHEV), Full Hybrid (FHEV), dan Plug-in Hybrid (PHEV). Teknologi kendaraan listrik hibrida dapat menjadi teknologi transisi sebelum teknologi kendaraan listrik, sehingga konsumen/masyarakat dapat beradaptasi tentang elektrifikasi kendaraan bermotor.

References

Andika, M.L. (2020). Pengendara di Indonesia Lebih Senang Hybrid Dibandingkan Mobil Listrik?. Diakses pada 16 April 2021, dari https://oto.detik.com/mobil/d-5273196/pengendara-di-indonesia-lebih-senang-hybrid-dibandingkan-mobil-listrik

Aziz, M., Marcellino, Y., Rizki, I.A., Ikhwanuddin, S.A., and Simatupang, J.W. (2020). Studi Analisis Perkembangan Teknologi dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik. TESLA: Jurnal Teknik Elektro, 22(1). 45-55.

Buanawati, T.T., Huboyo, H.S., Samadikun, B.P. (2017). Estimasi Emisi Pencemar Udara Konvensional (Sox, Nox, Co, dan Pm) Kendaraan Pribadi Berdasarkan Metode International Vehicle Emission (Ive) di Beberapa Ruas Jalan Kota Semarang. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(3), 1–12.

Cardoso, D.S., Fael, P.O., and Santo, A.E. (2019). A review of micro and mild hybrid systems. Paper dipresentasikan di 6th International Conference on Energy and Environment Research. University of Aveiro, Portugal: Elsevier.

Chan, C.C. and Wong, Y.S. (2004). Electric vehicles charge forward. IEEE Power and Energy Magazine, 2(6), 24-33.

Dahwilani, D.M. (2020). Soal Kendaraan Listrik, Honda Sebut Indonesia Lebih Cocok Mobil Hybrid. Diakses pada 16 April 2021, dari https://www.inews.id/otomotif/mobil/soal-kendaraan-listrik-honda-sebut-indonesia-lebih-cocok-mobil-hybrid

Dhole, P.A., Kumbhalkar, M.A., Jadhav, G.V., and Dalwai, A.S. (2018). Recent Trends in Transportation Technology as Hybrid-Electric Vehicle: A Review. Journal of Mechanical and Civil Engineering, 8(2), 4-8.

Elmadi, A. (2015). Advanced Electric Drive Vehicle. Florida: CRC Press

Erjavec, J. (2012). Hybrid, Electric, & Fuel-Cell Vehicle. USA: Delmar

Govardhan, O.M. (2017). Fundamentals and Classification of Hybrid Electric Vehicles. International Journal of Engineering and Techniques, 3(5), 194-198.

Haryanto, J.T. (2019). Pemetaan Insentif Fiskal Bagi Pengembangan BBM Berkualitas di Indonesia. Warta Penelitian Perhubungan, 27(5), 311–322.

Kumparan. (2019). Alasan Mobil Hybrid Cocok dengan Indonesia. Diakses pada 16 April 2021, dari https://kumparan.com/kumparanoto/alasan-mobil-hybrid-cocok-dengan-indonesia-1sT2md30221/full

Ortizaku. (2019). Mengenal Mesin Atkinson Cycle, Apa Perbedaannya dengan Mesin Biasa (Otto)?. Diakses pada 17 April 2021, dari https://www.ortizaku.com/index.php/Otomotif/mengenal-mesin-atkinson-cycle-apa

Reif, K. (2014). Fundamentals of Automotive and Engine Technology. Germany: Springer.

Resosudarmo, B.P., Nurdianto, D.A., and Yusuf, A.A. (2009). Greenhouse Gas Emission in Indonesia: The Significance of Fossil Fuel Combustion. Palembang: Sriwijaya University Press.

Roza, I.D., Ibrahim, I., Nggeboe, F. (2017). Penerapan Asas Pertanggungjawaban Mutlak (Absolute Liability) Dalam Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 Terhadap Perusakan Dan Pencemaran Lingkungan Di Indonesia. Legalitas:Jurnal Hukum, 1(5), 132–202.

Satria, G. (2019). Ini Penyebutan Mobil dan Motor Listrik di Perpres Kendaraan Listrik. Diakses pada 16 April 2021, dari https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/15/155637815/ini-penyebutan-mobil-dan-motor-listrik-di-perpres-kendaraan-listrik

Shen, C., Shan, P., and Gao, T. (2011). A Comprehensive Overview of Hybrid Electric Vehicles. International Journal of Vehicular Technology, 2011, 1-7.

Taufik. (2017). VLOG TECH TALK : Kenalan Dengan Mesin Atkinson. Diakses pada 17 April 2021, dari https://tmcblog.com/2017/05/13/vlog-tech-talk-kenalan-dengan-atkinson-cycle-engine/

Vindyanandan, K.V. (2018). Overview of Electric and Hybrid Vehicles. A House Journal Of Corporate Planning, 32, 7-14.

Wardoyo, A.Y.P. (2016). Emisi Partikulat Kendaraan Bermotor dan Dampak Kesehatan. Surabaya: Universitas Brawijaya Press.

Downloads

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles