PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL INTERAKTIF SAAT PERKULIAHAN DARING PADA MATA KULIAH PRAKTIK

Authors

  • Dwiki Muda Yulanto Universitas Negeri Medan
  • Didik Rohmantoro Universitas PGRI Yogyakarta
  • Bayu Gilang Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jatve.v3i1.3017

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilaksanakan baik pada perkuliahan teori dan juga perkuliahan praktik. Penggunaan media pembelajaran virtual interaktif berbasis adobe flash saat perkuliahan daring diharapkan dapat menggantikan kompetensi seperti perkulihan tatap muka praktik di bengkel. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran virtual interaktif pada mata kuliah praktik khususnya Alat & Pengukuran Teknik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi yang sekaligus menjadi dalam penelitian ini berjumlah 66 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran virtual in-terakitf pada mata kuliah praktik Alat & Pengukuran Teknik termasuk da-lam ketegori sedang dengan persentase 50%. Media pembelajaran virtual interaktif yang digunakan belum bisa mengakomodir kompetensi seperti saat dilakukan praktik tatap muka di bengkel.

References

Agustina, P. (2015). Persepsi mahasiswa calon guru biologi tentang pengembangan praktikum biologi sekolah menengah: Studi pengembangan pembelajaran pada mahasiswa pendidikan biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 26–29.

Azizi, M. R., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik. 4(1), 1-8.

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta

Media Indonesia. (2020). Covid-19 dan Pembelajaran Daring. Diakses pada 5 September 2020, dari media indonesia https://mediaindonesia.com/read/detail/298964-covid-19-danpembelajaran-daring

Nugroho, A. (2021). Efektifitas Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Praktikum Analisis Farmasi Pada Mahasiswa Farmasi Saat Pandemic Covid-19. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 3(1), 317-324.

Pelajar Terbaik. (2019). Cara Membuka (Memainkan) File Swf Di Laptop. Diakses 15 Desember 2021, dari https://www.pelajarterbaik.com/2019/05/cara-membuka-memainkan-file-swf-di.html

Zamista, A.A., Sellyana, A., Rahmi, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Algoritma Dan Pemograman Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 70-77.

Zulfiani, Feronika, T., dan Suartini, K. (2009). Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles