PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM KELISTRIKAN POWER WINDOW UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31316/jatve.v4i1.4870Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan keefektifan alat peraga sistem kelistrikan power window dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau penelitian R&D. Model pengembangan ini menggunakan 4-D (for-D model) yang terdiri dari empat tahap utama, yaitu: Pendefisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Desain uji coba dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen (sebelum-sesudah) yaitu membandingkan keadaan sebelum dan sesudah menggunakan alat peaga. Subyek coba dalam penelitian ini yaitu siswa SMK bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Maarif NU Bawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga sistem kelistrikan power window dinyatakan valid, Kevalidan alat peraga power window dilihat dari nilai total validator ahli media dan ahli materi pada skala likert. Skala tanggapan ahli media yaitu sebesar 180 195, sedangkan oleh ahli materi diperoleh skor 188 masuk pada skala tanggapan sangat baik. Keefektian alat peraga power window dilihat dari hasil perhitungan menggunakan uji t dua sampel berkorelasi bahwa nilai -2,045 -3,063. Dari hasil perhitungan ternyata lebih besar nilainya dari pada , sehingga Ha diterima. Selain itu keefektifan dilihat dari rata-rata nilai siswa sebelum memakai alat peraga yang dikembangkan sebesar 76,13 dan sesudah menggunakan alat peraga sebesar 83,93, terdapat peningkatan sebesar 9,30 % setelah pembelajaran menggunakan alat peraga sistem kelistrikan power window.
Kata kunci : alat peraga, sistem kelistrikan power window, media pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.