PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Didik Rohmantoro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia.
  • Sapitri Januariyansah Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia.
  • Dwiki Muda Yulanto Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.31316/jatve.v1i1.671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto jenis correlational study dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel menggunakan teknik Slovin dengan probabilitas random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Validitas instrument menggunakan expert judgment dan uji coba lapangan. Reliabilitas menggunakan teknik cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara (1) X1 terhadap Y dengan nilai R= 0,279 (rendah) dan R2= 0,078; (2) X2 terhadap Y dengan nilai R= 0,546 (sedang) dan R2= 0,299 dan; (3) X1 dan X2 terhadap Y dengan nilai R= 0,592 (sedang) dan R2= 0,351dengan persamaan regresi Y = 2,971 + 0,001X1 + 0,003X2. Pada penelitian ini media pembelajaran dan kecerdasan emosional memberikan sumbangan yang kecil. Namun, pembentukan keduanya penting untuk bekal siswa setelah lulus.

References

Arora, B. (2017). Importance Of Emotional Intelligence In The Workplace. International Journal of Engineering and Applied Sciences, 4 (1), pp. 43-45.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R.M. (1977). The conditions of learning.New York: Holt Rinehart and Winston.

Goleman, Daniel. (2002). Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Issah, M. (2018). Change Leadership: The Role of Emotional Intelligence. SAGE Open, pp. 1-6.

Januariyansah, S & Rohmantoro, D. (2018). The Role of Digital Classroom Facilities to Accommodate Learning Process ff The Z And Alpha Generations. Proceeding of International Conference On Child-Friendly Education, Muhammadiyah Surakarta University, pp. 434-439.

Kannaiah, D & Shanthi, R. (2015). A Study on Emotional Intelligence At Work Place. European Journal of Business and Management, 7 (24), pp. 147-154.

Nana Sudjana. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Nana, Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Puspitarini, Y. D & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4 (2), pp. 53-60.

Rudi, S., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Sudiman, A, S, dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumadi, Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sutjiono T. W. A. (2005). Pendayagunaan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 4 (4), pp. 76-84.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Rohmantoro, D., Januariyansah, S., & Yulanto, D. M. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Journal of Automotive Technology Vocational Education, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.31316/jatve.v1i1.671

Issue

Section

Articles