PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA

Aditya wahyu, Dwiki Muda Yulanto, Sapitri Januariyansah, Didik Rohmantoro

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan siap kerja. Sekolah Menengah Kejuruan harus menyiapkan siswa yang berkompeten dan siap kerja. Salah satu caranya adalah melalui praktik  kerja  industri.  Siswa harus memiliki ilmu pengetahuan dan kompetensi yang memadai. Kompetensi siswa dapat dilihat dari prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa; (2) Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja siswa; (3) Pengaruh praktik kerja industri dan prestasi belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja. Metode penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dan pendekatan yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XII TKR SMK Negeri 10 Semarang yang berjumlah 83 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 siswa XII TKR SMK Negeri 10 Semarang, menggunakan proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa XII TKR SMK Negeri 10 Semarang; (2) Prestasi belajar mata pelajaran produktif berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa XII TKR SMK Negeri 10 Semarang; (3) Praktik kerja industri dan prestasi belajar mata pelajaran produktif berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa XII TKR SMK Negeri 10 Semarang.

Full Text:

##PDF##

References


Mareta, M. (2009). Pengaruh Implememntasi Pendidikan Sistem Ganda (Psg) Terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Siswa Kelas Xii Program Keahlian Akuntansi Smk Diponegoro Salatiga Tahun 2008/2009. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Rohmantoro, D. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Budaya Kerja 5s, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Pada Smk Binaan Pt. Astra Daihatsu Motor Di Diy. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohmantoro, D., Meldianto, E., & Januariyansah, S. (2017). Information And Communication Technologies Pada Bursa Khusus Kerja Di Sekolah Menengah Kejuruan. In J. A. Saiful, N. A. Rahayu, & I. Fatwa (Eds.), “21st Century Trends And Innovations In Education Endeavor: Integrating 21st Century Skills Into Practice. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

UU No. 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.31316/jatve.v1i1.672

Article Metrics

Abstract view : 129 times
##PDF## - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY