PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN OUTCAME BASED EDUCATION (OBE) DAN TEKNIK PERHITUNGAN KETERCAPAIAN CPL PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN PTK

Authors

  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Universitas Ivet
  • Herry Sulendro Mangiri Universitas Ivet
  • Nuraedhi Apriyanto Universitas Ivet
  • Akmal Bahtiar Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini tentang pengembangan model asesmen dan teknik perhitungan  yang di lakukan terhadap ketercapaian CPL.  Pelaksanaan Kurikulum Outcome Base Education (OBE) telah di terapkan di berbagai perguruan tinggi, termasuk pada Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin.  Seiring dengan pelaksanaannya diiringi dengan model pengukuran yang dapat mengetahui keterlaksanaan kurikulum tersebut sampai sejauh mana dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Pengembangan model asesmen adalah salah satu cara untuk mengukur dan menghitung ketercaapaian CPL di Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin. Model pengembangan asesmen harus di lihat dari hasil tracer studi kepada lulusan  yang baru saju lulus dalam kurun waktu satu tahun.   Hasil Tracer Studi tersebut dapat di pergunakan untuk memperbaiki proses pelaksanaan Kurikulum Outcome Base  Education sehingga produk atau lulusan telah sesuai dengan profil lulusan yang telah di tetapkan. Proses asesmen dilakukan secara terus menerus agar supaya ada perbaikan secara berkelanjutan, yang dalam hal ini sering kita sebut sebagai countinues Improvement dari proses aplakisi Kurikulum Outcame Base Edukasstion (OBE). Selain perbaikan juga di lakukan peningkatan lulusan sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Indistri (DUDI).  Untuk Kurikulum Outcome Base Educatian di pergunakan juga untuk membantu mengukur kesesuaian kompetensi lulusan yang nantinya dapat di terapkan pada Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin.

 

Kata kunci : Kurikulum, Outcome Base Education, CPL.

Downloads

Published

2024-12-31