PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBIL LISTRIK “GOCAR” DENGAN PENERAPAN SISTEM RANGKAIAN PENERANGAN TERBUKAPADA MATA KULIAH SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF DI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menilai kelayakan media pembelajaran mobil listrik gocar dengan sistem rangkaian penerangan terbuka pada mata kuliah Sistem Kelistrikan Otomotif, sekaligus meningkatkan hasil belajar teori dan praktikum mahasiswa PVTO UPY angkatan 2024. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yaitu penelitian pengembangan untuk menciptakan atau menyempurnakan produk pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran. Uji kelayakan oleh ahli media memperoleh skor 36 dari 40 (90%), sehingga masuk kategori sangat layak. Uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh skor 31 dari 40 (77,5%), sehingga masuk kategori layak.Respon mahasiswa juga mendukung hasil tersebut. Dari 10 mahasiswa yang terlibat, 8 menyatakan media pembelajaran sangat layak, sementara 2 lainnya menilai layak. Hal ini menunjukkan penerimaan positif terhadap media yang dikembangkan.Selain itu, efektivitas media terlihat dari peningkatan hasil belajar. Pada pembelajaran teori, nilai ketuntasan meningkat dari 60% (pretest) menjadi 80% (posttest), atau naik sebesar 20%. Pada praktikum, ketuntasan meningkat dari 50% pada praktikum pertama menjadi 80% pada praktikum kedua, atau naik sebesar 30%. Dengan demikian, media pembelajaran mobil listrik gocar berbasis rangkaian penerangan terbuka terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, baik pada aspek teori maupun praktikum.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Sistem Penerangan, System Kelistrikan Otomotif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.