PENGARUH KULTUR SEKOLAH DAN SISTEM ZONASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31316/karmawibangga.v5i2.1590Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh kultur sekolah terhadap prestasi belajar sejarah; 2) pengaruh sistem zonasi terhadap prestasi belajar sejarah; 3) pengaruh kultur sekolah dan sistem zonasi terhadap prestasi belajar sejarah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis regresi. Populasi berjumlah 288 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 165 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan angket yang telah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan kultur sekolah terhadap prestasi belajar dengan harga thitung = -0,172 dan harga ttabel = 1,960 dengan nilai Sig. > 0,05; 2) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan sistem zonasi terhadap prestasi belajar dengan harga thitung = -1,122 dan harga ttabel = 1,960 dengan nilai Sig. > 0,05; 3) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan secara bersama-sama kultur sekolah dan sistem zonasi terhadap prestasi belajar dengan harga Fhitung = 0,626 dan Ftabel = 3,06 dengan nilai Sig. > 0,05.
Kata Kunci: Kultur Sekolah, Sistem Zonasi, Prestasi Belajar Sejarah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â

The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.







