PENGARUH KULTUR SEKOLAH DAN SISTEM ZONASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Silvia Niken Saputri

DOI:

https://doi.org/10.31316/karmawibangga.v5i2.1590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh kultur sekolah terhadap prestasi belajar sejarah; 2) pengaruh sistem zonasi terhadap prestasi belajar sejarah; 3) pengaruh kultur sekolah dan sistem zonasi terhadap prestasi belajar sejarah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2020/2021.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis regresi. Populasi berjumlah 288 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 165 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan angket yang telah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan uji t dan uji F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan kultur sekolah terhadap prestasi belajar dengan harga thitung =        -0,172 dan harga ttabel = 1,960 dengan nilai Sig. > 0,05; 2) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan sistem zonasi terhadap prestasi belajar dengan harga thitung = -1,122 dan harga ttabel = 1,960 dengan nilai Sig. > 0,05; 3) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan secara bersama-sama kultur sekolah dan sistem zonasi terhadap prestasi belajar dengan harga Fhitung = 0,626 dan Ftabel = 3,06 dengan nilai Sig. > 0,05.

 

Kata Kunci: Kultur Sekolah, Sistem Zonasi, Prestasi Belajar Sejarah

 

            

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Saputri, S. N. (2023). PENGARUH KULTUR SEKOLAH DAN SISTEM ZONASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2020/2021. KARMAWIBANGGA Historical Studies Journal, 5(2), 49–63. https://doi.org/10.31316/karmawibangga.v5i2.1590

Issue

Section

Articles

Citation Check