Media Pembelajaran Sejarah Mengenai Silsilah, Pusat Pemerintahan Dan Wilayah Kekuasaan Raja Mataram Dengan Menggunakan Software SWI PROLOG 5.11.28 Versi 32 Bit

Gunawan Sridiyatmiko

Abstract


Abstrak

Penelitian pada tahun pertama bertujuan untuk melakukan pengumpulan data melalui studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka tentang silsilah, pusat pemerintahan dan wilayah kekuasaan raja Mataram. Validasi data dilakukan dengan kritik internal maupun kritik eksternal. Analisa data ditujukan untuk melakukan interpretasi dalam bentuk silsilah, pusat pemerintahan dan wilayah kekuasaan. Hasil penelitiannya adalah dokumen sejarah dalam bentuk Historiografi.  Penelitian pada tahun ke dua bertujuan untuk mengembangkan historiografi tersebut dalam bentuk sistem komputer yang dapat difungsikan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran sejarah ini dikembangkan menggunakan software SWI PROLOG 5.11.28 versi 32 bit. Domain ini  hanya memuat silsilah dari jalur yang terkenal saja. Domain yang memuat data-data silsilah,  diluar jalur yang terkenal tidak mudah didapatkan dari berbagi sumber.

Media pembelajaran sejarah ini juga dapat dikembangkan dengan menggunakan software yang lebih visual sehingga tampilan lebih menarik dan interaktif.

Kata kunci :    historiografi, media pembelajaran sejarah, silsilah Mataram, pusat pemerintahan, wilayah kekuasaan,

Full Text:

##PDF##

Article Metrics

Abstract view : 58 times
##PDF## - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal

View Our Stats