Peningkatan Nilai Sejarah Dengan Model Snowball Throwing Di Kelas XI-IIS SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Sariyana Sariyana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Ilmu Ilmu Sosial yang berjumlah 36 peserta didik tahun pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan meningkatkan prestasi belajar, dan lembar observasi aktifitas siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian pertemuan pertama siklus I peserta didik yang dinyatakan tuntas adalah 12%, rata-rata nilai 76,67. Pertemuan kedua siklus I peserta didik yang dinyatakan tuntas adalah 55%, dengan rata-rata nilai 87,10. Hasil belajar meningkat 43%. Sedangkan kemampuan memecahkan masalah pertemuan pertama siklus II adalah 47% dengan rata-rata nilai 83,75. Pada pertemuan kedua siklus II diperoleh 81% dengan rata-rata nilai 93,23. Sehingga hasil belajar meningkat 34%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan nilai belajar sejarah peserta didik kelas XI IIS-2 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

 

Kata kunci:  Model Sowball Throwing , prestasi belajar

 


Full Text:

##PDF##

Article Metrics

Abstract view : 13 times
##PDF## - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal

View Our Stats