EDUKASI SEJARAH 4.0: PENGGUNAAN TEKNOLOGI AI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Fahruddin Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran sejarah berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu dengan pembagian siswa menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis AI dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar, kuesioner persepsi siswa, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor tes yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis AI melaporkan tingkat kepuasan, keterlibatan, dan motivasi yang lebih tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan hasil belajar dan pengalaman belajar siswa. Kebermanfaatan global dari penelitian ini mencakup penyediaan model pembelajaran yang dapat diterapkan di berbagai negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan sejarah, serta kontribusi terhadap pengembangan teknologi pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif.

Kata Kunci: Artificial intelligence, pembelajaran sejarah, efektivitas pembelajaran,teknologi pendidikan.

Downloads

Published

2024-07-16 — Updated on 2025-04-18

Versions

How to Cite

Fahruddin. (2025). EDUKASI SEJARAH 4.0: PENGGUNAAN TEKNOLOGI AI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH . KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal, 19–28. Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/karmawibangga/article/view/6613 (Original work published July 16, 2024)

Issue

Section

Articles