PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PROLEARNER SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • RINTO BUDI SANTOSA SMA NEGERI 1 SAPURAN, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/karmawibangga.v6i2.958

Keywords:

Prestasi Belajar Sejarah, Media Pro-Learner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo dengan menggunakan media prolearner. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki- laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes prestasi belajar, lembar observasi, dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator penelitian ini adalah minimal 75% dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media prolearner dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sapuran. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. Nilai rata-rata kelas sebelum dikenai tindakan yaitu 59, pada siklus I meningkat menjadi 77,1 dan pada siklus II menjadi 81,6. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan sebanyak 11 siswa atau sebesar 39,3%, pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau sebesar 64,3%, dan pada siklus II menjadi 25 siswa atau sebesar 89,3%.

Katakunci: Prestasi Belajar Sejarah, Media Pro-Learner

Author Biography

RINTO BUDI SANTOSA, SMA NEGERI 1 SAPURAN

AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar.2005 Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Agung & Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Alwi, Hasan dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Angkowo, R, dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Grasindo.

Asnawir dan M.Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajara. Jakarta: Ciputat Pers.

Aprilia, Eka. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Education, (1) : 11-16.

Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Depdikbud. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi. Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen Kemendikbud.

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: Penerbit Alumni.

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kochhar, S.K.(2008). Pembelajaran Sejarah: Teaching Of History. Jakarta:Grassindo.

Kartodirjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kuntowijoyo. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Mardjuki. 2004. Pelangi Pendidikan. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Catur Sakti.

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Padmono, Y. 2002. Evaluasi Pengajaran. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rifa'i, Achmad. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Belajar. Bandung: CV Pustaka

Sadiman, Arief S, et. al,. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana., dan Rivai, Ahmad. 1991. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.

Sukidin dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Insan Cendekia.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Balai Pustaka.

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton.

Surachmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup.

Uno, Hamzah B. dan Satria Koni. 2012.Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

SANTOSA, R. B. (2024). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PROLEARNER SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. KARMAWIBANGGA Historical Studies Journal, 6(2), 97–109. https://doi.org/10.31316/karmawibangga.v6i2.958

Issue

Section

Articles

Citation Check