PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PROLEARNER SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31316/karmawibangga.v6i2.958Keywords:
Prestasi Belajar Sejarah, Media Pro-LearnerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo dengan menggunakan media prolearner. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki- laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes prestasi belajar, lembar observasi, dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator penelitian ini adalah minimal 75% dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media prolearner dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sapuran. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. Nilai rata-rata kelas sebelum dikenai tindakan yaitu 59, pada siklus I meningkat menjadi 77,1 dan pada siklus II menjadi 81,6. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan sebanyak 11 siswa atau sebesar 39,3%, pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau sebesar 64,3%, dan pada siklus II menjadi 25 siswa atau sebesar 89,3%.
Katakunci: Prestasi Belajar Sejarah, Media Pro-Learner
References
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar.2005 Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Agung & Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Alwi, Hasan dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Angkowo, R, dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Grasindo.
Asnawir dan M.Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajara. Jakarta: Ciputat Pers.
Aprilia, Eka. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Education, (1) : 11-16.
Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Depdikbud. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi. Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen Kemendikbud.
Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Depdiknas. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: Penerbit Alumni.
Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta: Familia.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kochhar, S.K.(2008). Pembelajaran Sejarah: Teaching Of History. Jakarta:Grassindo.
Kartodirjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kuntowijoyo. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Mardjuki. 2004. Pelangi Pendidikan. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Catur Sakti.
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Padmono, Y. 2002. Evaluasi Pengajaran. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rifa'i, Achmad. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Belajar. Bandung: CV Pustaka
Sadiman, Arief S, et. al,. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana., dan Rivai, Ahmad. 1991. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.
Sukidin dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Insan Cendekia.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Balai Pustaka.
Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton.
Surachmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup.
Uno, Hamzah B. dan Satria Koni. 2012.Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â

The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.







