ANALISIS PENGGUNAAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA N 1 SRANDAKAN BANTUL TAHUN 2020

Ardian Wicaksono

Sari


Abstrak Penelitian bertujuan untuk analisis penggunaan Schoology pada Mata Pelajaran PPKn terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Srandakan Bantul Tahun 2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Srandakan pada bulan Juli sampai Agustus tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah : (1) satu orang Kepala Sekolah SMA N 1 Srandakan Bantul (2) satu orang Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3) Siswa SMA N 1 Srandakan sejumlah 8 orang. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Schoology memiliki kemudahan dalam mengatur administrasi pembelajaran siswa di SMA Negeri 1 Srandakan karena siswa dapat presensi, mendapat materi hingga evaluasi di Schoology; (2) Schoology dapat mengendalikan minat belajar siswa dalam aspek preventif dengan cara kegiatan belajar menyenangkan, persuasif dengan cara membujuk melalui fitur massages, dan represif dengan cara didatangi rumahnya berdasarkan informasi yang disajikan dalam aplikasi tersebut; (3) Schoology memiliki tampilan seperti media sosial Facebook ditandai warna dasar yang sama yaitu biru dan putih serta menu yang identik; (4) Schoology memiliki keunggulan untuk diskusi pada pembelajaran daring, siswa dapat berdiskusi kelompok dengan guru sebagai pemantik materi dalam fitur Groups; (5) Schoology mengakomodasi aneka macam media pembelajaran antara lain media gambar visual, audio, dan audio visual atau video. Kata Kunci: Schoology, PPKn, Minat Belajar Siswa

 

Abstract The research aims to analyze the use of Schoology in PPKn Subjects on student interest in learning at SMA Negeri 1 Srangkan Bantul in 2020. This research was conducted at SMA Negeri 1 Srangkan from July to August 2020. This study used a qualitative descriptive method. Data were collected through observation, interviews and documentation. The subjects of this study were: (1) one principal of SMA N 1 Srangkan Bantul (2) one teacher of Pancasila and Citizenship Education (3) 8 students of SMA N 1 Srangkan. Data analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Data validity was checked by data triangulation. The results of this study are: (1) Schoology has the convenience of managing the administration of student learning at SMA Negeri 1 Srangkan because students get presence, receive material and evaluation in Schoology; (2) Schoology can control student interest in preventive aspects by means of fun, persuasive learning activities by persuading through massages, and repressive features by visiting their house based on the information presented in the application; (3) Schoology has a display similar to Facebook's social media marked with the same basic colors, namely blue and white and identical menus; (4) Schoology has the advantage of discussions on online learning, students can have group discussions with the teacher as material triggers in the Groups feature; (5) Schoology accommodates various kinds of learning media, including visual images, audio, and audio-visual or video media. Keywords: Schoology, PPKn, Student Learning Interest


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Besana, Stefano. 2012. “Schoology:

Il Learning Management

System Diventa

Social”..Jurnal.School.Librar

y, Volume 5, No.1, 67-69.

(www.schoollibraryjournal.

co m.article/schoology.

diunduh pada tanggal

-07-2020 Jam 21.04

WIB).

Lustiana Sari, dkk. 2020. “Effects Of

Schoology Online

Cooperative Learning To

Learning Achievement”.

International Journal Of Scientific & Technology

Research, Volume 9, Nomor

, Februari 2020.

(https://www.ijstr.org/cata

log ue/2020/ diunduh pada

tanggal 01-09- 2020

Jam 08.00 WIB)

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak

Jauh Berbasis Teknologi

Informasi.Dan.Kominukasi.B

andung: Alfabeta.

Siyoto, Sandu. 2015. Dasar

Metodologi Penelitian.

Yogyakarta: Literasi Media

Publishing.

Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Surat Edaran Kemendikbud Nomor

Tahun 2020 tentang

Pedoman

Penyelenggaraan Belajar

dari Rumah dalam Masa

darurat Penyebaran Covid19. 2020. Jakarta: Sekretaris

Jendral Kemendikbud.

Syahputra, Edy. 2020. Snowball

Throwing Tingkatkan Minat

dan Hasil Belajar.

Sukabumi: Haura Publising.

Winarso, Widodo. 2015. Dasar

Pengembangan Kurikulum

Sekolah.Sukabumi:Confidet.




DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v4i2.1163

Article Metrics

Sari view : 34 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Tambah Komentar

Tool by :



Plagiarism Checker by :