MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v4i2.1171Abstract
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar PPKn dengan menggunkan model Brain Based Learning Kelas VII B SMP Negeri 16 Rejang Lebong Bengkulu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan di Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu pada tahun pelajaran 2019/2020 di Kelas VII B dengan jumlah 26 siswa (Laki-laki 11 dan Perempuan 15). Penelitian Tindakan Kelas ini menggunkan siklus model Kermmis dan Mc Taggart yaitu rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes evaluasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisi Data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu terjadi peningkatan prestasi belajar dari pra siklus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 16 Rejang Lebong Bengkulu dengan menggunakan model Brain Based Learninghasil jumlah perhitungan pra siklus dengan persentase ketuntasan sebesar 50,00%, pada siklus I mengalami peningkatan tuntas dengan persentase 57,69%, dan pada siklus II mengalami kenaikan kembali dengan presentase 65,38%. Sesuai dengan KKM 70 dan Indikator keberhasilan 60% dengan hasil yang diperoleh di siklus II maka, Penelitian Tindakan Kelas ini dihentikan karena prestasi belajar siswa meningkat dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, PPKn Brain Based Learning
Â
Abstract
This Classroom Action Research aims to determine efforts to improve PPKn learning achievement by using the Class VII B Brain Based Learning model of SMP Negeri 16 Rejang Lebong Bengkulu for the 2019/2020 academic year. The research was conducted in Rejang Lebong Bengkulu Regency in the 2019/2020 school year in Class VII B with a total of 26 students (male 11 and female 15). This Classroom Action Research uses the Kermmis and Mc Taggart model cycle, namely planning, acting, observing and reflecting. Data collection was carried out by observation, evaluation tests, interviews, documentation. The data analysis technique used quantitative descriptive, namely an increase in learning achievement from the pre-cycle. The results of the study concluded that efforts to improve student achievement in class VII B. model resulted in the number of pre-cycle calculations with a completeness percentage of 50.00%, in the first cycle experienced an increase in completeness with a percentage of 57.69% , and in the second cycle it increased again with a percentage of 65.38%. In accordance with KKM 70 and success indicators of 60% with the results obtained in cycle II, this Classroom Action Research was stopped because student learning achievement had increased and had reached predetermined success indicators.
Keywords: Learning Achievement, PPKn Brain Based LearningReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ades Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Adkon, Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Arif S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
AH Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.
Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ainul Khafid. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Amri.Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung
Asmara. 2009. Prestasi Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Maping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eric. Jensen. 2008. Brain Based Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Evina Maharani. 2014.Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Prasmu.
Fudyartanto. 2002. Metode Pembelajaran. Jakarta: Genesindo.
Given, B. K. 2007. Brain-based Teaching. Bandung: Kaifa.
Gunawan Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.
Harjati. 2008. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta
Heru Sukoco. 2016. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA.
Hidayat Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Isjoni. 2013.Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Istarani. 2011. Pembelajaran Inovatif Refrensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Iskandar, Dadang dan Narsim. 2015.Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.
Mariyam, Dede Nuraida. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Dipadukan dengan Mind Mapping Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tambakboyo.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, 2007, Qualitative Data Analysis (terjemahan), Jakarta: UI Press.
Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nurgiansah, T. H. (2020). Build An Attitude of Nationalism Students At SDN 7 Kadipaten With The Method of Discusion In The Subject PPKn. Jurnal Serunai Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan STKIP Budi Daya Binjai, 9(1), 1–11.
Nurgiansah, T. H., & Al Muchtar, S. (2018). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. ATLANTIS PRESS, 251(Acec), 670–674. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.150
Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.
Riska Saparina. 2015. Penelitian Brain Based Learning (BBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu.
Rusman. 2012. Model- Model pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarsono dkk. 2002. Pendidikan Kewarganeggaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sujati. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research 2, Andi Offset. Yogyakarta:Perpustakaan RI.
Sukmasinata. (2004). Kurikulum dan pembelajaran kompetesi. Bandung: Kesuma Karya
Sukardi. 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara
Suprihatiningrum, Ja,il. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Tony Wijaya.2013. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Walfarianto. 2014. Kurikulum Dan Buku Teks PKn (Kubuteks). Yogyakarta: Perpustakaan PPKn UPY.
Winarno, Wing Wahyu. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.