MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN BASED LEARNING

Authors

  • Rizki Oktiana Sakti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Supri Hartanto Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v4i2.1171

Abstract

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar PPKn dengan menggunkan model  Brain Based Learning Kelas VII B SMP Negeri 16 Rejang Lebong Bengkulu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan di Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu pada tahun pelajaran 2019/2020 di Kelas VII B dengan jumlah 26 siswa (Laki-laki 11 dan Perempuan 15). Penelitian Tindakan Kelas ini menggunkan siklus model Kermmis dan Mc  Taggart  yaitu  rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes evaluasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisi Data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu terjadi  peningkatan  prestasi belajar dari pra siklus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 16 Rejang Lebong Bengkulu dengan menggunakan model Brain Based Learninghasil jumlah perhitungan pra siklus dengan persentase ketuntasan  sebesar 50,00%, pada siklus I mengalami peningkatan tuntas dengan persentase 57,69%, dan pada siklus II mengalami kenaikan kembali dengan presentase 65,38%. Sesuai dengan KKM 70 dan Indikator keberhasilan  60%  dengan hasil yang diperoleh di siklus II maka, Penelitian Tindakan Kelas ini dihentikan karena prestasi belajar siswa meningkat dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Kata Kunci : Prestasi Belajar, PPKn Brain Based Learning

 

Abstract

This Classroom Action Research aims to determine efforts to improve PPKn learning achievement by using the Class VII B Brain Based Learning model of SMP Negeri 16 Rejang Lebong Bengkulu for the 2019/2020 academic year. The research was conducted in Rejang Lebong Bengkulu Regency in the 2019/2020 school year in Class VII B with a total of 26 students (male 11 and female 15). This Classroom Action Research uses the Kermmis and  Mc  Taggart model cycle, namely planning, acting, observing and reflecting. Data collection was carried out by observation, evaluation tests, interviews, documentation. The data analysis technique used quantitative descriptive, namely an increase in learning achievement from the pre-cycle. The results of the study concluded that efforts to improve student achievement in class VII B. model resulted in the number of pre-cycle calculations with a completeness percentage of 50.00%, in the first cycle experienced an increase in completeness with a percentage of 57.69% , and in the second cycle it increased again with a percentage of 65.38%. In accordance with KKM  70  and success indicators of 60% with the results obtained in cycle II, this Classroom Action Research was stopped because student  learning achievement had increased and had reached  predetermined  success indicators.

Keywords: Learning Achievement, PPKn Brain Based Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Ades Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Adkon, Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Arif S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

AH Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ainul Khafid. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Amri.Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung

Asmara. 2009. Prestasi Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Maping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eric. Jensen. 2008. Brain Based Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evina Maharani. 2014.Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Prasmu.

Fudyartanto. 2002. Metode Pembelajaran. Jakarta: Genesindo.

Given, B. K. 2007. Brain-based Teaching. Bandung: Kaifa.

Gunawan Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjati. 2008. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Heru Sukoco. 2016. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA.

Hidayat Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isjoni. 2013.Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Istarani. 2011. Pembelajaran Inovatif Refrensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Iskandar, Dadang dan Narsim. 2015.Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.

Mariyam, Dede Nuraida. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Dipadukan dengan Mind Mapping Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tambakboyo.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, 2007, Qualitative Data Analysis (terjemahan), Jakarta: UI Press.

Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurgiansah, T. H. (2020). Build An Attitude of Nationalism Students At SDN 7 Kadipaten With The Method of Discusion In The Subject PPKn. Jurnal Serunai Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan STKIP Budi Daya Binjai, 9(1), 1–11.

Nurgiansah, T. H., & Al Muchtar, S. (2018). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. ATLANTIS PRESS, 251(Acec), 670–674. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.150

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.

Riska Saparina. 2015. Penelitian Brain Based Learning (BBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu.

Rusman. 2012. Model- Model pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarsono dkk. 2002. Pendidikan Kewarganeggaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sujati. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research 2, Andi Offset. Yogyakarta:Perpustakaan RI.

Sukmasinata. (2004). Kurikulum dan pembelajaran kompetesi. Bandung: Kesuma Karya

Sukardi. 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara

Suprihatiningrum, Ja,il. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Tony Wijaya.2013. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walfarianto. 2014. Kurikulum Dan Buku Teks PKn (Kubuteks). Yogyakarta: Perpustakaan PPKn UPY.

Winarno, Wing Wahyu. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta

Published

2020-12-01