PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE 365 MELALUI PELATIHAN DAN SIMULASI PADA GURU SEKOLAH DASAR

Binti Ngatmiyatun

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 3 Belikurip dalam menggunakan program Microsoft Office 365 sebagai media pembelajaran melalui pelatihan dan simulasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subjek penelitian adalah 8 orang guru SD Negeri 3 Belikurip. Penilaian kemampuan guru dilakukan dengan observasi menggunakan pedoman observasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif komparatif. Pada kondisi awal hanya 2 orang guru (25,0%) yang kualifikasinya Baik dengan nilai rata-rata kompetensi guru hanya 59,5 (Cukup). Meningkat pada siklus I menjadi ada 1 orang (12,5%) yang kemampuannya Amat Baik dan 3 orang guru (37,5%) yang kemampuannya Baik dengan nilai rata-rata kompetensi guru adalah 70,3 (Cukup). Meningkat lagi pada siklus II menjadi 2 orang guru (25,0%) yang kemampuannya Amat Baik dan sebanyak 6 orang guru (75,0%) yang kemampuannya Baik dengan nilai rata-rata kompetensi guru 81,1 (Baik). Sehingga disimpulkan bahwa pelatihan dan simulasi dapat meningkatkan kemampuan menggunakan program Microsoft Microsoft Office 365  sebagai media pembelajaran pada guru SD Negeri 3 Belikurip Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: kemampuan guru, Microsoft Office 365 , pelatihan dan simulasi

 

Abstract

The purpose of this study is to improve the ability of SD Negeri 3 Belikurip teachers to use the Microsoft Office 365 program as a learning medium through training and simulation. This research is a School Action Research (PTS) which was carried out in 2 (two) cycles. The research subjects were 8 teachers of SD Negeri 3 Belikurip. Assessment of teacher abilities is carried out by observation using observation guidelines. The data validation was done by using triangulation technique. Data analysis was performed using comparative descriptive analysis techniques. In the initial condition, only 2 teachers (25.0%) had good qualifications with an average teacher competency score of only 59.5 (Enough). Increased in the first cycle to be 1 person (12.5%) whose ability is Very Good and 3 teachers (37.5%) whose ability is Good with an average score of teacher competence is 70.3 (Enough). Increased again in the second cycle to 2 teachers (25.0%) whose abilities were Very Good and as many as 6 teachers (75.0%) whose abilities were Good with an average score of teacher competence of 81.1 (Good). So it is concluded that training and simulation can improve the ability to use the Microsoft Microsoft Office 365 program as a learning medium for teachers of SD Negeri 3 Belikurip for the 2019/2020 academic year.

Keywords: teacher ability, Microsoft Office 365, training and simulation

Kata Kunci


kemampuan guru; Microsoft Office 365; pelatihan dan simulasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Fitriana, F. (2020). Pelaksanaan Pelatihan Dan Pengembangan SDM Divisi Customer Service Di PT. Bank Lampung KCP Natar. Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 8(1), 1. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.2113

Handayani, S., & Hadi, S. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 49–58. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.32

Khoirudin, M. (2019). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai Juang Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas Vi SDN I Guwotirto Tahun Pelajaran 2013/2014. Elementary School, 6(2), 190–195.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–11.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(Juli), 1–3. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1).

Suprianto. (2018). Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 Dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal, 9986(3September), 381–386.

Usodo, B., Kurniawati, I., & Kuswardi, Y. (2016). Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi Dari Microsoft : Office Mix , Onenote , Sway Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 743–752.




DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1279

Article Metrics

Sari view : 11 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Tambah Komentar

Tool by :



Plagiarism Checker by :