PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Eny Sutarti SD N 1 Belikurip

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1280

Keywords:

Model Pembelajaran STAD, Proses pembelajaran, Hasil belajar

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian tindakan kelas  ini adalah  untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran   STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV  Semester II SDN  1 Belikurip Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan  dalam dua siklus dengan prosedur tiap siklus terdiri  atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri 1 Belikurip  berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengunaan Model Pembelajaran STAD pada materi belajar Mengidentifikasi macam-macam gaya, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengunaan model pembelajaran STAD)  dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yaitu mencapai 80 %. (2) Pengunaan Model Pembelajaran   STAD dapat meningkatkan  ketuntasan hasil belajar siswa pada materi Mengidentifikasi macam-macam gaya mencapai 82,35%. (3) Pengunaan Model Pembelajaran   STAD  dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu mencapai 88,24 %.

Kata kunci: Model Pembelajaran   STAD, Proses pembelajaran, Hasil belajar

 

Abstract

The purpose of this classroom action research is to determine the use of the STAD Learning Model which can improve learning outcomes for grade IV Semester II students of SDN 1 Belikurip, Baturetno District, Wonogiri Regency, 2018/2019 Academic Year. The research was conducted in two cycles with the procedure for each cycle consisting of planning, implementing actions, observing, and reflecting. The research subjects were grade 4 students of SD Negeri 1 Belikurip totaling 17 students. The results showed that through the use of the STAD Learning Model in the learning material to identify various styles, it could increase the activeness of students in following the learning process. Based on the research results, it can be concluded that (1) The use of STAD learning models can increase student activeness in the learning process by reaching 80%. (2) The use of the STAD Learning Model can increase the completeness of student learning outcomes in identifying the various styles of material reaching 82.35%. (3) The use of STAD Learning Model can improve student learning outcomes completeness, namely reaching 88.24%.

Keywords: STAD Learning Model, Learning Process, Learning Outcomes

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, A., & Hadromi, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pengapian Konvensional. In Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes (Vol. 13, Issue 1, p. 125438).

Ari, W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil belajar Dan Karakter Siswa SD. Elementary School, 2(1), 37–46.

Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Gusniar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SDN No.02 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(1), 198–221.

Hirmanudin, H. (2015). Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 3 Simeulue Barat. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 293–308.

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 46–59. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Sumariyati, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smpn 1 Karangploso. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 11(1), 93. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.254

Suratmin, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Dikdas Bantara, 3(1), 333–340. https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.582

Sutrisno. (2016). Meningkatkan Prestasi belajar IPS dengan Model pembelajaran STAD Pada Siswa kelas III SD negeri 4 Ngraho Kedungtuban Blora. Elementary School, 3(1), 233–238.

Sutrisno. (2019). Peningkatan Prestasi belajar IPS Siswa Melalui Model STAD. Elementary School, 6(1), 89–95.

Suwanda, A. R., Masriani, & Sartika, R. P. (2015). Model pembelajaran kooperatif tipe stad: aktivitas dan hasil belajar siswa sma materi hidrolisis garam. 1–10.

Wirda, Jamhari, M., & Paudi, R. I. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas II SD Inpres 2 Mepanga Kecamatan Mepanga. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 37–49.

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles