MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENYESUAIAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA

Authors

  • Sumarni Sumarni SD N 1 Baturetno

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1281

Keywords:

Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil belajar

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Menganalisis  cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran Make a match. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan  dalam dua siklus dengan prosedur tiap siklus terdiri  atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIa SD Negeri 1 Baturetno berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a match  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mencapai 85,71 %. (2) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan  ketuntasan hasil belajar siswa pada materi menerapkan konsep Menganalisis  cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan individu mencapai 85,71%. (3) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya mencapai 90,47%.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil belajar

 

Abstract

The purpose of this study is to improve learning outcomes. Analyze how living things adapt to the environment using the Make a match learning model. This research is a classroom action research conducted in two cycles with procedures for each cycle consisting of planning, implementing the action, observing, and reflecting. The research subjects were 21 students of Class VIa SD Negeri 1 Baturetno. The results showed that the Make a match learning model can improve student learning outcomes in the material on how living things adapt to the environment. Based on the research results, it can be concluded that (1) The use of Make a match learning model can increase student activeness in the learning process by reaching 85.71%. (2) The use of the Make a match learning model can improve the completeness of student learning outcomes in the material applying the concept of analyzing how living things adapt to individual environments reaches 85.71%. (3) The use of the Make a match learning model can increase the completeness of student learning outcomes in the material of presenting works on how living things adapt to their environment, reaching 90.47%.

Keywords: Learning Model, Make a Match, Learning Outcomes

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, A., & Hadromi, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pengapian Konvensional. In Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes (Vol. 13, Issue 1, p. 125438).

Khoirudin, M. (2019). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai Juang Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas Vi SDN I Guwotirto Tahun Pelajaran 2013/2014. Elementary School, 6(2), 190–195.

Lestari, A. A., Muhajir, & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Tema 5 Kelas V SDN Jatingaleh 01 Semarang. Elementary School, 6(2), 139–144.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Yuniawati, P. S., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Make A MAtch Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD. Journal Elementary School, 4(2), 141–150.

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles