MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENYESUAIAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1281Keywords:
Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil belajarAbstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran Make a match. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan  dalam dua siklus dengan prosedur tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIa SD Negeri 1 Baturetno berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a match  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mencapai 85,71 %. (2) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan  ketuntasan hasil belajar siswa pada materi menerapkan konsep Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan individu mencapai 85,71%. (3) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya mencapai 90,47%.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil belajar
Â
Abstract
The purpose of this study is to improve learning outcomes. Analyze how living things adapt to the environment using the Make a match learning model. This research is a classroom action research conducted in two cycles with procedures for each cycle consisting of planning, implementing the action, observing, and reflecting. The research subjects were 21 students of Class VIa SD Negeri 1 Baturetno. The results showed that the Make a match learning model can improve student learning outcomes in the material on how living things adapt to the environment. Based on the research results, it can be concluded that (1) The use of Make a match learning model can increase student activeness in the learning process by reaching 85.71%. (2) The use of the Make a match learning model can improve the completeness of student learning outcomes in the material applying the concept of analyzing how living things adapt to individual environments reaches 85.71%. (3) The use of the Make a match learning model can increase the completeness of student learning outcomes in the material of presenting works on how living things adapt to their environment, reaching 90.47%.
Keywords: Learning Model, Make a Match, Learning Outcomes
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, A., & Hadromi, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pengapian Konvensional. In Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes (Vol. 13, Issue 1, p. 125438).
Khoirudin, M. (2019). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai Juang Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas Vi SDN I Guwotirto Tahun Pelajaran 2013/2014. Elementary School, 6(2), 190–195.
Lestari, A. A., Muhajir, & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Tema 5 Kelas V SDN Jatingaleh 01 Semarang. Elementary School, 6(2), 139–144.
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.
Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).
Yuniawati, P. S., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Make A MAtch Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD. Journal Elementary School, 4(2), 141–150.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.