UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI IN HOUSE TRAINING

Authors

  • Sarno Sarno SD N 7 Baturetno

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1282

Keywords:

Whatshapp, Pembelajaran Jarak Jauh, In House Training

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Penggunaan Whatshapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh melalui In House Training. Penelitian berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Lokasi penelitian ini yaitu di SD Negeri 7  Baturetno dengan subjek penelitian semua guru SD Negeri 7  Baturetno Tahun Pelajaran 2020 /2021 yang berjumlah 8 orang. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi sedangkan, pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptip komparatif. Pada kondisi awal penelitian hanya terdapat 2 orang guru (25,0%) yang masuk predikat Baik dengan nilai rata-rata kompetensi guru hanya 60,0. Kemudian, pada siklus I meningkat menjadi, 3 orang guru (37,5%) yang masuk predikat Baik dengan nilai rata-rata 75,0. Selanjutnya, pada siklus II meningkat lagi pada siklus II menjadi 3 orang guru (37,5%) yang masuk predikat Amat Baik serta 5 orang guru (62,5%) yang masuk predikat Baik dengan nilai rata-rata 87,5. Mengacu pada hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa In House Training   dapat meningkatkan Kompetensi Pemanfaatan Whatshapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Tahun Pelajaran 2020 /2021.           

Kata kunci: Whatshapp, Pembelajaran Jarak Jauh,  In House Training

 

Abstract

This study aims to improve the Competence of Using Whatshapp as a Distance Learning Media through In House Training. This research was in the form of School Action Research (PTS) which was carried out in 2 (two) cycles. The location of this research is SD Negeri 7 Baturetno with the research subjects of all SD Negeri 7 Baturetno teachers in the academic year 2020/2021, totaling 8 people. The data validation was done by using triangulation technique, while the data was collected through observation. Data analysis was performed using comparative descriptive analysis techniques. In the initial conditions of the study, there were only 2 teachers (25.0%) who entered the predicate Good with an average teacher competency score of only 60.0. Then, in the first cycle it increased to 3 teachers (37.5%) who entered the Good predicate with an average score of 75.0. Furthermore, in the second cycle it increased again in the second cycle to 3 teachers (37.5%) who were in the Very Good predicate and 5 teachers (62.5%) who were in the Good predicate with an average score of 87.5. Referring to the results of this study, it can be concluded that In House Training can improve the Competence of Using Whatshapp as a Distance Learning Media for the 2020/2021 Academic Year.

Keywords: Whatshapp, Distance Learning, In House Training

References

DAFTAR PUSTAKA

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.

Heni Ribut Handayani. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Teknik Iht (in House Training). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.66

Jayadipura, Y. (2018). In House Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP. Jurnal IDAARAH, II(2), 260–268.

Karjani. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Melalui In House Training Di SD negeri 1 Giriwoyo. Elementary School, 7(1), 108–116.

Marilin Kristina, Ruly Nadian Sari, E. S. N. (2020). MODEL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PROVINSI LAMPUNG MARILIN. Jurnal IDAARAH, IV(2), 200–209.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(Juli), 1–3. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sumiarsih, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui In House Training (IHT) di SD Negeri Cibanjaran Kecamatan Mangkubumi Uptd Wilayah Barat Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Edukasi, 4(2), 139–144.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Trisnani, -. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386

Published

2021-05-02

Issue

Section

Articles