UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGUASAAN KURIKULUM 2013 MELALUI IN SERVICE TRAINING

Authors

  • Martinus Widodo SD N 2 Sendangrejo

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1284

Keywords:

kompetensi guru, Kurikulum 2013, in-service training

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan Kurikulum 2013 melalui in-service training. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Tempat penelitian yaitu SD Negeri 2 Sendangrejo dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang guru. Penilaian kemampuan guru dilakukan dengan teknik observasi dengan lembar observasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptip komparatif. Setelah diberikan tindakan pada siklus I dan siklus II diketahui bahwa kompetensi guru dalam menguasai kurikulum 2013 mengalami peningkatan.  Hasil tersebut menunjukkan bahwa In Service Training terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai kurikulum 2013 di SD negeri 2 Sendangrejo.

Kata kunci: kompetensi guru, Kurikulum 2013, in-service training

 

Abstract

The purpose of this study is to improve teacher competence in mastering the 2013 Curriculum through in-service training. This research is a school action research conducted in 2 (two) cycles. The place of research is SD Negeri 2 Sendangrejo with 8 teachers as research subjects. Assessment of teacher abilities is carried out by observation techniques with observation sheets. The data validation was done by using triangulation technique. Data analysis was performed using comparative descriptive analysis techniques. After taking action in cycle I and cycle II, it is known that the competence of teachers in mastering the 2013 curriculum has increased. These results indicate that In Service Training has been proven to improve teacher competence in mastering the 2013 curriculum at SD Negeri 2 Sendangrejo.

Keywords: teacher competence, 2013 curriculum, in-service training

References

DAFTAR PUSTAKA

Afrilian, D., Fitriana, E., Wijanarko, F., Rianti, L., & Hidayat, R. (2017). In Service Training Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. 1.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 68–79. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Rahayu, Y. M. (2016). Pengaruh perubahan kurikulum 2013 terhadap perkembangan peserta didik. Jurnal Logika, XVIII(3), 22–42.

Sakarti. (n.d.). Service dan Inservice Training Dalam Peningkatan Guru PAI.

Published

2021-05-02

Issue

Section

Articles