PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU KELAS

Authors

  • Murniyati Murniyati SD N 2 Selomarto

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1330

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi menyusun RPP pembelajaran kooperatif melalui program supervisi akademik bagi guru kelas di SD Negeri 2 Selomarto Kecamatan Giriwoyo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tempat penelitian ini yaitu SD Negeri 2 Selomarto dengan jumlah subyek penelitian 6 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi supervisi penyusunan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada peningkatan kompetensi menyusun RPP melalui model pembelajaran kooperatif setelah dilakukan supervisi akademik. 2) Terdapat peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, serta 3) terdapat peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui model pembelajaran kooperatif dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran setelah dilakukan supervisi akademik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa program supervisi akademik mampu meningkatkan kemampuan guru kelas dalam menyusun RPP model pembelajaran kooperatif.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, RPP, Model Pembelajaran  Kooperatif , Supervisi Akademik

 

Abstract

This study aims to improve the competence of preparing cooperative learning lesson plans through an academic supervision program for classroom teachers at SD Negeri 2 Selomarto, Giriwoyo District. This study used the School Action Research method which was carried out in two cycles. The place of this research is SD Negeri 2 Selomarto with 6 class teachers as research subjects. The data collection technique used was observation of the supervision of RPP preparation. The results showed that: 1) There was an increase in the competence of preparing lesson plans through cooperative learning models after academic supervision was carried out. 2) There is an increase in teacher competence in implementing the learning process, and 3) there is an increase in teacher competence in preparing lesson plans through cooperative learning models and implementing them in the learning process after academic supervision is carried out. Based on these results, it can be concluded that the academic supervision program is able to improve the ability of classroom teachers in preparing lesson plans for cooperative learning models.

KeywordS: Teacher Competence, RPP, Cooperative Learning Model, Academic Supervision

References

DAFTAR PUSTAKA

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Ali Mohamad. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Balai Pustaka.

Asep Herry Hermawan. 2013. Belajar dan pembelajaran. Yogjakarta

Bidandiah. 2012. Jurnal Model Pembelajaran Cooperatif ( http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-berbasis-proyek-atau.html#ixzz2uZd5hMce)

Erickson and Bern. 2001.â€Contextual Teaching and Learningâ€. Journal of Economy

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hanum Savira. 2017 Mengapa Pembelajaran Kooperatif, Artikel https://www.kompasiana.com/hanumsavira8492/5c8a4f5395760e043711e502/mengapa-pembelajaran-kooperatif-itu-penting

Hasan, S. Hamid. 1996. Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial (buku I). Bandung: Jurusan

Kandar, Endang. 2010. Standar Kompetensi Guru. http://endang965.wordpress. com, diakses tanggal 30 Desember 2017, jam 20:00.

Miftahul. Sadker. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Miftahul. 2011. Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Belajar) ... lihathttp://www.referensimakalah.com/2013/01/Pembelajaran-kooperatif-tipe-Two-.

Mulyani Sumantri, dkk. 1999. Strategi Belajar Mengajar.Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Mulyasa, E. 2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Sagala Syaiful. 2009. Supervisi Pembelajaran.Bandung: Alfabeta

Sejarah FIPS IKIP Bandung.

Subari. 2008. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudrajat, Akhmad. 2010. Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com, diakses tanggal 28 Januari 2011 jam 18.15.

Sukirman. 2010. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja. Rosdakarya.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta : Kencana

Udin,S. Winataputra, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Wardani,

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles