PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1354Abstract
AbstakKeberadaan suatu negara diakui berdasarkan karakter yang dimilikinya. Hanya negara yang memiliki karakter kuat dan mendalam yang mempu menunjukkan bangsanya sebagai bangsa yang merdeka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan memberika gambaran mengenai pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter generasi muda dan pengimplemen-tasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survey menggunakan kuisioner. Informan penelitian yaitu siswa dan Mahasiswa berusia 17 sampai dengan 20 tahun. Hasil penelitian menunjukkan jika pengimplementasian karakter yang terbentuk dari Pendidikan Kewarganegaraan telah berhasil dilakukan oleh generasi muda. Beberapa karakter yang dituju adalah religius, demokratis, disiplin juga bertanggung jawab, berpikir kritis, dan peduli sesama.
Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraa, karakter, generasi muda
Â
Abstract
The existence of a country is recognized based on its character. Only a country that has a strong and deep character is able to show its nation as an independent nation. Thus, this study aims to provide an overview of the influence of Citizenship Education in building the character of the younger generation and its implementation in everyday life. The research method used a qualitative approach with a survey method using a questionnaire. Research informants were students and students aged 17 to 20 years. The results show that the implementation of the characters formed from Citizenship Education has been successfully carried out by the younger generation. Some of the targeted characters are religious, democratic, disciplined as well as responsible, critical thinking, and caring for others.
Key words : Citizenship education, character, young generation
References
DAFTAR PUSTAKA
Aji, Purnomo Cahyo. (2018). Peran PKN dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Berbasis Nilai di Perguruan Tinggi.
Fauzi, I. dan Srikantono. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan (Civil Education). Jember : SUPERIOR “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosialâ€
Haqiqi, M.I. dkk.(2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembela- jaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan.
Izma, Tri,dkk.(2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa. Diakses dari Jurnal Wahana Didaktika Vol. 17 No.1 Januari 2019 : 84-92
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021a). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Nurgiansah, T. H. (2021c). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.
Nurmalisa, Y. dkk. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun Civic Conscience. Diakses dari Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn Volume 07, No. 1, Mei 2020, pp. 34-46
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Diakses dari Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468
Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Diakses dari E-Journal WIDYA
Ridhuan, S. (2016). Membangun Karakter Bangsa untuk Menciptakan Masyarakat yang Tangguh, Kompetitif, Berahlak Mulia, Bermoral dan Beretika Berdasarkan Pancasila. Diakses dari Muhamad Irwan Haqiqi, Scolastika Mariani & Masrukan / JPE 6 (1) (2017) : 21 – 2
Resfira. (2019). Peran Pendidikan Kewarga Negaraan dalam Membangun Masyarakat Berjiwa Nasional. Diakses dari Journal of Civic Education (ISSN:2622-237X) Volume 2 Nomor 2 2019
Sulistyarini. (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Panca-sila Melalui Pendidikan Kewarganegara-an. Diakses Dari Jurnal Bhinneka Tung-gal Ika, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015.
UU No.20 Tahun 2003. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Detail s/43920/uu-no-20-tahun-2003
Wahyandari, W. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Diakses dari Cakrawala Pendidi- kan, Juni 2014, Th. XXXIII, No. 2
Wibowo, A.P dan Margi Wahono. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Diakses dari Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, Oktober 2017
Wiyono, S.dkk.(2019). Kajian Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa untuk Mengembangkan Karakter Anti Korupsi. Diakses dari Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 2 Tahun 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.