PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA

Shafarina Nidaul Aulia, Dinie Anggraenie Dewi

Sari


Abstak

Keberadaan suatu negara diakui berdasarkan karakter yang dimilikinya. Hanya negara yang memiliki karakter kuat dan mendalam yang mempu menunjukkan bangsanya sebagai bangsa yang merdeka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan memberika gambaran mengenai pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter generasi muda dan pengimplemen-tasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survey menggunakan kuisioner. Informan penelitian yaitu siswa dan Mahasiswa berusia 17 sampai dengan 20 tahun. Hasil penelitian menunjukkan jika pengimplementasian karakter yang terbentuk dari Pendidikan Kewarganegaraan telah berhasil dilakukan oleh generasi muda. Beberapa karakter yang dituju adalah religius, demokratis, disiplin juga bertanggung jawab, berpikir kritis, dan peduli sesama.

Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraa, karakter, generasi muda

 

Abstract

The existence of a country is recognized based on its character. Only a country that has a strong and deep character is able to show its nation as an independent nation. Thus, this study aims to provide an overview of the influence of Citizenship Education in building the character of the younger generation and its implementation in everyday life. The research method used a qualitative approach with a survey method using a questionnaire. Research informants were students and students aged 17 to 20 years. The results show that the implementation of the characters formed from Citizenship Education has been successfully carried out by the younger generation. Some of the targeted characters are religious, democratic, disciplined as well as responsible, critical thinking, and caring for others.

Key words : Citizenship education, character, young generation


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aji, Purnomo Cahyo. (2018). Peran PKN dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Berbasis Nilai di Perguruan Tinggi.

Fauzi, I. dan Srikantono. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan (Civil Education). Jember : SUPERIOR “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial”

Haqiqi, M.I. dkk.(2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembela- jaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan.

Izma, Tri,dkk.(2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa. Diakses dari Jurnal Wahana Didaktika Vol. 17 No.1 Januari 2019 : 84-92

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021a). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H. (2021c). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.

Nurmalisa, Y. dkk. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun Civic Conscience. Diakses dari Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn Volume 07, No. 1, Mei 2020, pp. 34-46

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Diakses dari Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468

Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Diakses dari E-Journal WIDYA

Ridhuan, S. (2016). Membangun Karakter Bangsa untuk Menciptakan Masyarakat yang Tangguh, Kompetitif, Berahlak Mulia, Bermoral dan Beretika Berdasarkan Pancasila. Diakses dari Muhamad Irwan Haqiqi, Scolastika Mariani & Masrukan / JPE 6 (1) (2017) : 21 – 2

Resfira. (2019). Peran Pendidikan Kewarga Negaraan dalam Membangun Masyarakat Berjiwa Nasional. Diakses dari Journal of Civic Education (ISSN:2622-237X) Volume 2 Nomor 2 2019

Sulistyarini. (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Panca-sila Melalui Pendidikan Kewarganegara-an. Diakses Dari Jurnal Bhinneka Tung-gal Ika, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015.

UU No.20 Tahun 2003. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Detail s/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wahyandari, W. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Diakses dari Cakrawala Pendidi- kan, Juni 2014, Th. XXXIII, No. 2

Wibowo, A.P dan Margi Wahono. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Diakses dari Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, Oktober 2017

Wiyono, S.dkk.(2019). Kajian Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa untuk Mengembangkan Karakter Anti Korupsi. Diakses dari Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 2 Tahun 2019




DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1354

Article Metrics

Sari view : 18 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Tambah Komentar

Tool by :



Plagiarism Checker by :