UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP PADA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Authors

  • Sutarman Sutarman UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Slogohimo

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1386

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan guru kelas dalam menyusun RPP. Tindakan yang diberikan peneliti dalam penelitian yaitu dengan menerapkan metode supervise akademik bagi guru. Penelitian merupakan jenis penelitian tindakan atau Action Research. Penelitian ini dilaksanakan pada sepuluh  Sekolah Dasar Binaan  Suraseranggen  Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Penelitian dilaksanakan pada Semester I Tahun Pelajaran 2014-2015, Subjek Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah dua puluh orang guru kelas V dan VI. Objek penelitian adalah minat dan kemampuan guru sekolah dasar  Binaan  Suraseranggen  dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini yaitu Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan Pengawas sudah  mampu meningkatkan minat dan kemampuan guru di Sekolah Dasar Binaan  Suraseranggen  Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : Minat, Kemampuan, RPP, Supervisi Akademik.

 

Abstract

This study aims to increase the interest and ability of classroom teachers in preparing lesson plans. The action that the researcher gave in the research was by applying the academic supervision method for the teacher. Research is a type of action research or Action Research. This research was conducted at ten elementary schools that were built by Suraseranggen Technical Service Unit (UPT) of the Education Office of Slogohimo District, Wonogiri Regency. The research was conducted in Semester I of the 2014-2015 academic year, the subjects of this school action research were twenty grade V and VI teachers. The object of research is the interest and ability of the Suraseranggen-assisted elementary school teachers in compiling a Learning Implementation Plan. This action research was conducted in two cycles, namely cycle I and cycle II. The result of this research is that the implementation of academic supervision carried out by supervisors has been able to increase the interest and ability of teachers in the Suraseranggen Primary Schools Technical Service Unit (UPT) of the Slogohimo District Education Office, Wonogiri Regency Semester 1 of the 2014/2015 Academic Year in compiling a Learning Implementation Plan, according to the indicators. performance that has been set.

Keywords: Interests, Abilities, RPP, Academic Supervision.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aiken, Lewis R. 1994. Psychologycal Testing and Assessment. MA Allyn and Bacon.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta

Chaplin, J. P. 2000. Dictionary of Psychology. New York: Dell Publishing Co. Inc.

Crow. L. D., A. Crow. 1963. An Outline of General Psychology. NewJersey: Littlefield Adams & Co.

Departemen Pendidukan Nasional. (2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP ) SD/MI. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati Mahmud. (1982). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Enoch Markum. 1983. Anak, Keluarga, dan Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.

Glickman.CD. (2007) Developmental Supervision. Alternative Practice HelpingTeachers Improve Instruction. Virginia.Alexandria:ASCD

http://id.wikipedia.org/wiki/Efek_rumah_kaca diakses tanggal 4 Mei 2015

http://www.unika.ac.id/fakultas/psikologi/artikel/ss.i.pdf diakses 13 Juli 2015.

Hurlock, E. B. 1983. Child Development. New Delhi: Mcgraw-Hill.

Istiwiyanto Sujarwo. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendidikan Sepanjang Kehidupan. Terjemahan. Child Development. Jakarta: Erlangga.

Istiwiyanto Sujarwo. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendidikan Sepanjang Kehidupan. Terjemahan. Child Development. Jakarta: Erlangga.

Meitasari Candrasa. 1990. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: Remaja Karya.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Oteng Sutisna. Asas-Asas Supervisi Pengajaran.1985. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan FIP-IKIP Bandung

Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan. 16 Mei 2005. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41. Jakarta

Permedikas RI nomor 41 tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran:Jakarta BSNP 2006 Rineka Cipta

Thomas J. Sergiovanni & Robert J. Sttaratt. Supervision:Human perspectives,New York: McGraw-Hill (1993:45)

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Published

2021-05-02

Issue

Section

Articles