UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN TENIS MEJA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN

Authors

  • Tinuk Suprihatin SD Negeri 6 Baturetno

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1387

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan keaktifan belajar dan keterampilan tenis meja menggunakan metode latihan pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VI  SD Negeri 6 Baturetno  semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, angket dan dokumentasi. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Indikator kinerja meliputi hasil observasi tentang aktifitas belajar siswa dan tes keterampilan bermain tenis meja dengan menggunakan test  unjuk kerja. Hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa metode latihan dapat meningkatkan keaktifan belajar dan keterampilan tenis meja pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Aktifitas Belajar, keterampilan tenis meja, metode latihan

 

Abstract

This study aims to increase learning activeness and table tennis skills using the training method for Class V SD Negeri 6 Baturetno, Baturetno District, Wonogiri Regency, 2019/2020 Academic Year. This type of research is classroom action research, with the research subjects namely students of class VI SD Negeri 6 Baturetno semester II of the 2019/2020 academic year. Data collection techniques in this study are observation, tests, questionnaires and documentation. The research procedure consisted of 2 cycles with steps including planning, implementing, evaluating and reflecting. Performance indicators include the results of observations about student learning activities and skills tests to play table tennis using performance tests. The results obtained information that the training method can improve learning activeness and table tennis skills in grade VI SD Negeri 6 Baturetno, Baturetno District, Wonogiri Regency, 2019/2020 Academic Year.

Keywords: Learning activities, table tennis skills, training methods

References

DAFTAR PUSTAKA

A.M Bandi Utama dkk. (2004). Kemampuan Bermain Tenis Meja, Studi Kondisi Antara Kelincahan dan Kemampuan Pukulan Dengan Kemampuan Bermain Tenis Meja. Laporan Penelitian Yogyakarta: FIK UNY

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Ahmad Subagyo,2008 . Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT. Gramedia. Anoraga,

Dimyati dan Mujiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RIneka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta

Edward L. Fok. 1988. The Physiologycal Bases of Physical Education and Athletics, New York: Holt Wb Sounders Company

Hamalik.2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Larry, Hodges. (2007). Tenis Meja Tingkat Pemula. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

M. Frank Verducy. 1980. Measurement Concept in Physical Education. St. Louis Missouri: Mosby Company

Muhajir. (2006). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. SMA kelas. XII. Penerbit Erlangga

Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algesindo

Sutarmin. (2007). Terampil Berolahraga Tenis Meja. Surakarta: Era Intermedia.

Suwaji. PTK. 2013.Peningkatan Keterampilan Berman Sepak Bola Melalui Drill Method Kelas V SDN 3 Belikurip. Perpustakaan SDN 3 Belikurip (tidak dipublikasikan)

Tomoliyus. (2012). Panduan Kepelatihan Tenis Meja Bagi Siswa Sekolah Dasar. Disajikan dalam Rangka Pembinaan Klub Olahraga Sekolah Dasar SeIndonesia Tahap ii Di Yogyakarta.

UU Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Published

2021-05-02

Issue

Section

Articles