PENTINGNYA IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA AGAR TIDAK TERJADI PENYIMPANGAN DALAM MASYARAKAT LUAS

Authors

  • Aulia Nur Hakim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1391

Abstract

Abstrak

Kurangnya kesadaran pengimplementasian nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat membuat ideology pancasila tersisihkan. Penyimpangan terhadap nilai pancasila masih sering terjadi di dalam kehidupan bernegara dan tidak mencerminkan sikap yang sesuai pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Pancasila dalam membangun karakter bangsa, mengkaji permasalahan atau urgensi  pengimplementasian setiap makna yang terkandung dalam nilai pancasila serta menginternalkan atau mengimplementasikan Pancasila melalui mata kuliah Pendidikan Pancasila. Melalui mata kuliah tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi generasi penerus bangsa menjadi manusia yang bermutu, bermoral, berjiwa pancasilais dan dapat membumikan setiap nilai-nilai pancasila. Tidak hanya mahasiswa namun masyarakat juga perlu ditanamkan jiwa pancasilais. Metode penelitian yang digunakan disini adalah metode kualitatif yaitu menggunakan cara menganalisis atau mengkaji data yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika pengimplementasian setiap nilai yang ada dalam pancasila belum terealisasikan dengan baik, terlihat dari sejumlah kasus yang telah terjadi di Indonesia dari tahun-tahun yang lalu yang menggambarkan ketidakseimbangan antara nilai pancasila dengan pengaktualisasiannya sehingga hal tersebut perlu menjadi perhatian khusus pemerintah dan warga negara agar dapat menjalankan setiap nilainya dengan benar  

Kata Kunci: Penyimpangan Nilai Pancasila, Implementasi Nilai Pancasila, Membangun Karakter Bangsa

 

Abstract

Lack of awareness of the implementation of Pancasila values in people's lives has made the Pancasila ideology marginalized. Deviations to the value of Pancasila still often occur in state life and do not reflect attitudes that are in accordance with Pancasila. The purpose of this research is to find out how the role of Pancasila in building the character of the nation, then to study the problems or urgency of implementing each meaning contained in the values of Pancasila and internalizing or implementing Pancasila through the Pancasila Education course. Through these courses, students are expected to become the nation's next generation to become human beings with quality, moral, Pancasila spirit and can ground every Pancasila values. Not only students but the community also needs to instill a Pancasila spirit. The research method used here is a qualitative method, namely using a way of analyzing or reviewing existing data. The results of this study show that if the implementation of each value in Pancasila has not been well realized, it can be seen from a number of cases that have occurred in Indonesia from the past years which illustrate the imbalance between the value of Pancasila and its actualization so that this needs to be of special concern to the government and citizens in order to be able to carry out each of its values properly

Key Words: Deviation of Pancasila Values, Implementation of Pancasila Values, Build national character

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 2(1), 11-18.

Atikarini, D. (2018). Penyimpangan nilai nilai pancasila yang terjadi di Indonesia.

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.

Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269.

Eddy, I. W. T. (2018). Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 18(1), 116-123.

Husen, H. (2020). Implementasi Permenristekdikti no 55 tahun 2018 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus: studi kasus di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Indriastuti, E. D. (2018). PENYIMPANGAN FUNGSI DAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENEGAKAN HUKUM SEBAGAI PEDOMAN HIDUP DALAM BERMASYARAKA. Jurnal Ilmiah Hukum Dan Dinamika Masyarakat, 16(1).PENTINGNYA MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Manalu, R. (2014). PERANAN GURU PKN DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA BAGI SISWA DI SMA NEGERI I GAROGAKABUPATEN TAPANULI UTARA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Misnaini, S. M. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PRILAKU MAHASISWA DI STIK BINA HUSADA. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 75-84.

Nurgiansah, T. H. (2020a). Fenomena Prostitusi Online Di Kota Yogyakarta Dalam Persfektif Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 27–34. https://doi.org/10.24114/jk.v17i1.14208

Nurgiansah, T. H. (2020b). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2020c). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. JNPM: Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.

Nurgiansah, T. H. (2021a). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H. (2021c). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.

Nurgiansah, T. H. (2021d). The Role of Citizenship Education in Building Bantul Community Political Participation in The Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 1–4.

Nurgiansah, T. H., & Al Muchtar, S. (2018). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. ATLANTIS PRESS, 251(Acec), 670–674. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.150

Octavian, W. A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 125.

Riyanti, D., & Prasetyo, D. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Perguruan Tinggi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 82-96.

Septianingsih, A. (2020). PENTINGNYA MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Sulistyarini.(2015). Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Volume 2(1), 1-8.

Syaripatunnuzul, N. I. M. (2019). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 1 PEMULUTAN KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH).

Zabda, S. (2017). Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Falsafah Negara dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karater Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 106-114.

Published

2021-05-21

Issue

Section

Articles