UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1400Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi satuan baku. Penelitian merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tindakan yang diberikan oleh peneliti yaitu berupa penerapan metode snowball throwing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Platarejo Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020 yang jumlah siswanya ada 12 anak dengan satu rombongan belajar. Objek penelitian adalah hasil belajar tentang satuan baku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sementara itu, indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu Siswa dikatakan berhasil mencapai aspek pengetahuan, apabila nilai yang diperoleh sesuai dengan KKM tersebut dalam kategori baik. Keberhasilan klasikal pengetahuan menjelaskan tentang satuan baku mencapai 85 % siswa tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas II SD Negeri 2 Platarejo Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Snowball Throwing
Â
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes in standard unit material. This research is a type of classroom action research which consists of two cycles, namely cycle I and cycle II. The action given by the researcher was the application of the snowball throwing method. The subjects of this study were second grade students of SD Negeri 2 Platarejo, Giriwoyo District, Wonogiri Regency in the 2019/2020 academic year, where there were 12 students with one study group. The object of research is the result of learning about standard units. The data collection techniques used in this study were tests, interviews, observation, documentation, and field notes. Meanwhile, the indicator of success in this study is that students are said to have succeeded in achieving the knowledge aspect, if the value obtained is in accordance with the KKM in the good category. The success of classical knowledge in explaining the standard units reaches 85% of students complete. The results showed that the snowball throwing method could improve student learning outcomes in grade II SD Negeri 2 Platarejo, Giriwoyo District, Wonogiri Regency in the 2019/2020 academic year.
Keywords: Learning Outcomes, Snowball Throwing Method
References
DAFTAR PUSTAKA
Abin, Syamsuddin Makmun. 2017. Psikologi Kependidikan Perangkat Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya Patmawati
Danim, Sudarwan. 2014. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Gatit Melani Suseno. 2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Tema Bumi dan Alam Semesta
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Asara
Hasan, Chalijah. 2004. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Surabaya: Al-Ikhlas.
https://id.khanacademy.org/math/id-kelas-2/x509bca44eebcd047:pengukuran-kelas-2 /(diakses tanggal 5/08/2020)
https://www.slideshare.net/tiopourtu/matematika-2-untuk-sekolah-dasarmadrasah-ibtidaiyah-kelas-2 (diakses tanggal 5/08/2020)
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta: Kemendikbud
Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.
Kurinasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.
Patmawati. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing (http://mgmppknkabkuburaya.blogspot.com, diakses 15/08/2020).
Syaifullah. 2009. Defenisi atau Pengertian Snowball Throwing Menurut Para ahli.http://www.google.com/search?q=pengertian+model+pembelajaran+snowball+throwing+menurut+para+ahli&ie=UTF8&hl=en&sa=N&tab=lw (di akses 5 Agustus 2020)
Wardhatul Jannah. 2012. Penerapan Pembelajaran Model Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 03 Tohudan Tahun Ajaran 2012/2013
Yunita Salestya Wardhani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pasuruhan. PGSD FKIP Universitas Muria. Kudus
Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.