PUDARNYA NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1402Keywords:
Pancasila, nilai, globalisasiAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran akan bagaimana kondisi penerapan nilai-nilai pancasila di era gelobalisasi saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode telaah pustaka. Pancasila sendiri merupakan pegangan untuk semua warga negara Indonesia dalam bertabiat serta berperangai. Dengan adanya pancasila, masyarakat Indonesia dapat memiliki pedoman dalam mengenali serta memecahkan suatu masalah yang berbau politik, sosial, budaya, hukum, dan lain-lain. Maka dari itu, nilai-nilai pancasila bagi masyarakat Indonesia dalam beraktivitas sangatlah penting. Pada era globalisasi ini, nilai-nilai pancasila mulai luntur. keadaan ini bisa diamati dari munculnya beragam macam masalah timbul karena tidak diaplikasikannya nilai-nilai dari pancasila, dan jika tidak segera diatasi mungkin bisa saja nilai-nilai dari pancasila atau makna pancasila itu sendiri akan lenyap.
Kata kunci: pancasila, nilai, globalisasi.
Â
Abstract
This study aims to provide an overview of the conditions for the application of Pancasila values in the current globalization era. The method used in this research is using the literature review method. Pancasila itself is a guideline for all Indonesian people in behaving and behaving. With the existence of Pancasila, Indonesian people can have guidelines in recognizing and solving problems that are political, social, cultural, legal, and others. Therefore, Pancasila values in social life are very important. In this era of globalization, Pancasila values are starting to fade. This situation can be observed from the emergence of various kinds of problems arising from not applying the values of Pancasila, and if they are not immediately resolved, the values of Pancasila or the meaning of Pancasila itself may disappear.
Keywords: Pancasila, values, globalization.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Amin, M. D. A. A. (2020). Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik. 2(1). 11-18.
Arfyand, A. I. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pusat Studi Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Ideology Bangsa Bagi Generasi Muda. Untirta Civic Journal. 3(2). 158-167.
Atikarini, D. (03/12/2018). Penyimpangan Nilai-nilai Pancasila Yang Terjadi di Indonesia. Retrieved 27 March, 2021, from https://osf.io/preprints/inarxiv/vjc3u/
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 4(2). 440-450.
Asrori, A., Bakhita, F., & Aulia, R. (2019). Lunturnya Norma Pancasila Di Era Milenial 2019/2020. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 4(2). 83-90.
Badan Pusat Statistik. (2018). Sepanjang 2017 Terjadi 337 Ribu Tindak Kejahatan di Indonesia. Retrieved 13 April, 2021, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/22/sepanjang-2017-terjadi-337-ribu-tindak-kejahatan-di-indonesia
Gesmi, I., Hendri,Y. (2018). Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Graciella, L.O. (01/2019). Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Dan Negara Indonesia. Retrieved 27 March, 2021, from https://www.researchgate.net/publication/330278797_Kedudukan_dan_Fungsi_Pancasila_bagi_Bangsa_dan_Negara_Indonesia
Hidayatillah, Y. (2014). Urgensi Eksistensi Pancasila di Era Globalisasi (Studi Kritis Terhadap Persepsi Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep tentang Eksistensi Pancasila). Jurnal. 6(2).
Junaid, H. (2013). Pergerakan Kelompok Terorisme Dalam Perspektif Barat Dan Islam. Jurnal sulesna. 8(2). 118-135.
Kristiono, N. ( 2017). Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Harmony:Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN. 2(2). 193-204.
Maryono. (2018, 02 Juni). Peran Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Pudarnya Nilai-nilai Luhur Pancasila Generasi Zaman Now. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018. Retrieved 27 March, 2021, from https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/08/Maryono.-STKIP-PGRI-PACITAN..pdf
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Muzayin. (1992). Ideologi Pancasila (bimbingan Ke Arah Penghyatan dan Pengamalan bagi Remja). Jakarta: Golden Terayon Press.
Nurhaidah, & Musa, M, I.(2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar. 3(3). 1-14.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Octavian, W. A. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila Terhadap Siswa Melalui Kegiatan Penyuluhan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 6(2). 199-207.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.