PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: MEMBANGUN MASYARAKAT DEMOKRASI YANG BERKEADABAN DARI SAAT INI

Authors

  • Bunga Bhagasasih Al-Khansa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1429

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran pengembangan nilai- nilai keberadaban kemanusiaan di dalam masyarakat bangsa Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, dan memiliki nilai Pancasila syla ke 2 yaitu "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab", serta memiliki sumber hukum yang tertinggi yaitu Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, berupa observasi dalam berita dan berbagai jurnal lainnya agar lebih berkembang dalam penjelasan artikel ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kita menanamkan nilai- nilai Pancasila dari mulai sekarang dan menjadikan manusia yang cerdas, maka masyarakat Indonesia mampu memiliki nilai-nilai keberadaban kemanusiaan. Dengan ini keberhasilan sudut pandang dari Pendidikan Kewarganegaraan akan tercapai, karena nilai-nilai keberadaban pada masyarakat demokrasi merupakan tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan tersendiri.

Kata kunci: Tujuan Pendidikan kewarganegaraan, masyarakat demokrasi, nilai- nilai keberadaban

 

Abstract

This study aims to provide an overview of the development of values of human civilization in Indonesian society which has the motto of Bhineka Tunggal Ika, and has the second Pancasila syla value, namely "Just and Civilized Humanity", and has the highest source of law, namely the Preamble of the Law. Basic 1945. The research method uses a qualitative approach with case studies, in the form of observations in news and various other journals so that it is more developed in the explanation of this article. The results of the research show that by instilling Pancasila values from now on and making intelligent humans, the Indonesian people will be able to have the values of human civilization. With this, the success of the Citizenship Education point of view will be achieved, because the values of civilization in a democratic society are the goal of Citizenship Education in itself.

Keywords: Citizenship Education Objectives, democratic society, civilized values

References

DAFTAR PUSTAKA

Daheri, M, dkk. 2020. Butir-Butir Pancasila Dalam Kajian Tafsir Mudhu'iy. FOKUS : Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 5, No. 2, 2020

Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.

Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269.

Herlambang, T, Y. 2018. PEDAGOGIK: Analisis Fenomena Pendidikan Indonesia. Jakarta:Bumi Aksara.

Humas Kemenko Polhukam RI. 2020. Tujuan Negara Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Bukan Otak Manusia Saja. Jakarta:KemenkoPolhukam

Kartono, H. 2019. MEMBAGUN DEMOKRASI BERKEADABAN DAN DINAMIKA PEMILIHAN PRESIDEN LANGSUNG 2019. Jurnal HUKUM DAN DINAMIKA MASYARAKAT VOL.16 NO.2, hal 132.

Lestari, E, S. 2019. KAJIAN ISLAM TERHADAP SILA KEDUA DALAM PANCASILA SEBAGAI PENJAGA MULTIKULTURALISME. Jurnal Pendidikan Multikultural, Volume 3 Nomor 2, Agustus 2019.

Nadziroh. 2015. Membangun Masyarakat Demokratis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Trirahayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol 2, Nomor 1, hlm. 263-266.

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

Nurgiansah, T. H. (2020a). Fenomena Prostitusi Online Di Kota Yogyakarta Dalam Persfektif Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 27–34. https://doi.org/10.24114/jk.v17i1.14208

Nurgiansah, T. H. (2020b). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H. (2021b). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.

Nurgiansah, T. H. (2021c). The Role of Citizenship Education in Building Bantul Community Political Participation in The Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 1–4.

Nurjanah, H. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Dalam Kegiatan Berorganisasi Di Sekolah. Surakarta, Artikel Publikasi.

Purnaweni, H. (2004). Demokrasi Indonesia : Dari Masa ke Masa. Jurnal Administrasi Publik Vol 3 No. 2, UNPAR, 2004.

Siregar, H, dkk. 2019. Hilangnya Nilai Pancasila. FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PADANG SIDIMPUAN.

Sofyan, A. 2013. Pemaknaan Demokrasi di Era Reformasi. Jurnal Politika, Vol. 4, No. 2, hal 8-11.

Sunarso. 2006. Membangun Masyarakat Demokratis Yang Bermoral Lewat Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics, Vol 3, No. 1, Juni 2006.

Winarno. 2020. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta:Bumi Aksara.

Yusuf, W, A. 2016. Tanggung Jawab Negara Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Fakultas Hukum Unpar Bandung.

Published

2021-05-24

Issue

Section

Articles