PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yohana R. U. Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430

Abstract

Abstrak

 Isu-isu pokok penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemampuan siswa Sekolah Dasar (SD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauhmana perkembangan teknologi dapat mempengaruhi interaksi social siswa SD. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitan deskriptif kuantitatif dan kajian pustaka dari berbagai literatur yang berkaitan dengan apa yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget tidak hanya mempengaruhi pola pikir atau perilaku orang dewasa, tetapi juga mempengaruhi perilaku anak-anak terutama siswa SD, gadget sangat mempengaruhi perkembangan siswa SD terutama perkembangan dalam interaksi sosial. Ketergantungan terhadap gadget pada anak disebabkan karena lamanya durasi dalam menggunakan gadget. Bermain gadget dengan durasi yang cukup panjang dan dilakukan setiap hari, bisa membuat anak berkembang ke arah pribadi yang antisosial.

Kata Kunci: Gadget, Interaksi Sosial, Siswa Sekolah Dasar.

 

Abstract

 The main issues of this study are how the use of information and communication technology affects the ability of elementary school students. The purpose of this study is to find out the extent to which technological developments can affect the social interaction of elementary school students. The research method used in this study is quantitative descriptive research method and literature study of various literature related to what is studied. The results showed that gadgets not only affect the mindset or behavior of adults, but also affect the behavior of children, especially elementary school students, gadgets greatly affect the development of elementary students, especially developments in social interaction. Dependence on gadgets in children is caused by the length of time in using gadgets. Playing gadgets with a long duration and done every day, can make the child develop towards an antisocial person.

Keywords: Gadgets, Social Interaction, Elementary School Students.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ameliola, N. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. [Online] Diakses dari http://icssis.files.wordpress.com/2013/09/2 013-0229 pada tanggal 26 Desember 2016.

Castelluccio, M. (2007). Gadget An- Essay.http://www.thefreelibrary.com/Gadgets-- an+essay.-a0170115914 diakses pada 9 Juli 2014

Cvano, O. (2013). Pengertian Gadget. [Online] diakses di laman http://mencobacariduit.blogpot.com/2013/09/pengertiangadget.html / 2013/ pada 27 Desember 2016

Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Ismanto, Y& Onibala, F. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawata Volume 3(2). Manado: FK Unsrat Manando

Maulida, H. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang

Mukti, F. dan Yulianto, A. (2010). Dualism Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novitasari, W. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurrachmawati. (2014). Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal Pengaruh Sistem Operasi Mobile Android Pada Anak Usia Dini. Makasar: FT Universitas Hasanuddin.

Prasetyo, E. (2013). Gadget. [Online] Diakses pada laman http://epzna.blogspot.com/2013/08/gadget.html pada 27 Desember 2016.

Prianggoro, H. (2014). Anak dan Gadget: Yang Penting Aturan Main. [Online] Diakses dari http://www.tabloidnakita.com/read/1/anak-dan-gadget- yangpentingaturan-main pada tanggal 26 Oktober 2016.

Simamora, A., SM. (2016). Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung.Lampung: UniversitasLampung.

Soekanto, S. (1992). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali

West, Richard dan Lynn Turner. (2007). Introduction Communication Theory. Analysis and Application. New York: McGraw Hill.

Widiawati & Sugiman. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. [Online] Diakses dari laman http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS.pd

Published

2021-06-04

Issue

Section

Articles