PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430Abstract
Abstrak
 Isu-isu pokok penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemampuan siswa Sekolah Dasar (SD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauhmana perkembangan teknologi dapat mempengaruhi interaksi social siswa SD. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitan deskriptif kuantitatif dan kajian pustaka dari berbagai literatur yang berkaitan dengan apa yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget tidak hanya mempengaruhi pola pikir atau perilaku orang dewasa, tetapi juga mempengaruhi perilaku anak-anak terutama siswa SD, gadget sangat mempengaruhi perkembangan siswa SD terutama perkembangan dalam interaksi sosial. Ketergantungan terhadap gadget pada anak disebabkan karena lamanya durasi dalam menggunakan gadget. Bermain gadget dengan durasi yang cukup panjang dan dilakukan setiap hari, bisa membuat anak berkembang ke arah pribadi yang antisosial.
Kata Kunci: Gadget, Interaksi Sosial, Siswa Sekolah Dasar.
Â
Abstract
 The main issues of this study are how the use of information and communication technology affects the ability of elementary school students. The purpose of this study is to find out the extent to which technological developments can affect the social interaction of elementary school students. The research method used in this study is quantitative descriptive research method and literature study of various literature related to what is studied. The results showed that gadgets not only affect the mindset or behavior of adults, but also affect the behavior of children, especially elementary school students, gadgets greatly affect the development of elementary students, especially developments in social interaction. Dependence on gadgets in children is caused by the length of time in using gadgets. Playing gadgets with a long duration and done every day, can make the child develop towards an antisocial person.
Keywords: Gadgets, Social Interaction, Elementary School Students.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ameliola, N. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. [Online] Diakses dari http://icssis.files.wordpress.com/2013/09/2 013-0229 pada tanggal 26 Desember 2016.
Castelluccio, M. (2007). Gadget An- Essay.http://www.thefreelibrary.com/Gadgets-- an+essay.-a0170115914 diakses pada 9 Juli 2014
Cvano, O. (2013). Pengertian Gadget. [Online] diakses di laman http://mencobacariduit.blogpot.com/2013/09/pengertiangadget.html / 2013/ pada 27 Desember 2016
Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Ismanto, Y& Onibala, F. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawata Volume 3(2). Manado: FK Unsrat Manando
Maulida, H. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang
Mukti, F. dan Yulianto, A. (2010). Dualism Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Novitasari, W. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS.
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Nurrachmawati. (2014). Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal Pengaruh Sistem Operasi Mobile Android Pada Anak Usia Dini. Makasar: FT Universitas Hasanuddin.
Prasetyo, E. (2013). Gadget. [Online] Diakses pada laman http://epzna.blogspot.com/2013/08/gadget.html pada 27 Desember 2016.
Prianggoro, H. (2014). Anak dan Gadget: Yang Penting Aturan Main. [Online] Diakses dari http://www.tabloidnakita.com/read/1/anak-dan-gadget- yangpentingaturan-main pada tanggal 26 Oktober 2016.
Simamora, A., SM. (2016). Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung.Lampung: UniversitasLampung.
Soekanto, S. (1992). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali
West, Richard dan Lynn Turner. (2007). Introduction Communication Theory. Analysis and Application. New York: McGraw Hill.
Widiawati & Sugiman. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. [Online] Diakses dari laman http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS.pd
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.