PERSEPSI MAHASISWA/I TERHADAP WACANA AMANDEMEN UUD NRI 1945 (Survei terhadap Mahasiswa STEI ITB Angkatan 2018)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1440Keywords:
persepsi, amandemen ke-5, UUD 1945Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa/i Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) angkatan 2018 terhadap wacana amandemen UUD NRI 1945 dengan menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif berupa kuesioner yang diberikan kepada 43 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa/i STEI ITB 2018 sering mengikuti berita politik yang terjadi di Indonesia melalui media sosial. Mereka juga tidak setuju amandemen UUD NRI 1945 Kelima dilakukan serta dari berbagai responden, mereka berharap, bila amandemen dilakukan, untuk mengoptimalkan alur kerja lembaga pemerintahan tanpa merubah sistem pemerintahan di Indonesia.
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Adiarsi, Gracia Rachmi et al. (2015). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Binus Journal Publishing, Vol. 6 No. 4 (2015) Humaniora. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376.
Anggraini, Yesi, Armen Yasir, and Zulkarnain Ridlwan. 2016. PERBANDINGAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL SEBELUM DAN SESUDAH
AMANDEMEN UNDANG-UNDANG DASAR 194. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum 9 (1). https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v9no1.589.
Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia/APJII. 2020. “Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 [Q2]â€.
Azka, Fatih et al. (2018). Kecemasan Sosial dan Ketergantungan Media Sosial pada Mahasiswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, Volume 5, Nomor 2, 2018: 201-210. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3315.
Basuki, U. (2015). Amandemen Kelima Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Amanat Reformasi dan Demokrasi. PANGGUNG HUKUM, 1(1).
Basuki, U. Amandemen Kelima: Suatu Kajian Penyempurnaan Amandemen UUD 1945. Dalam Jurnal Sosio-Religia, 8. https://www.aifis-digilib.com/uploads/1/3/4/6/13465004/06_udiyo_basuki.pdf Darusman,
Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021a). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021b). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.
Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269.
Yoyo M. 2013. KAJIAN YURIDIS URGENSI AMANDEMEN KELIMA UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DALAM SISTEM HUKUM KETATANEGARAAN INDONESIA. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/Jurnal-ADIL/article/view/801
Fatwa, Andi Mappetahang. 2009. Potret konstitusi pasca amandemen UUD 1945. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Ghafur, Jamaludin. (2007). Penguatan Lembaga DPD Melalui Amandemen Ulang Lembaga MPR. JURNAL HUKUM NO. 3 VOL. 14 JULI 2007: 366 - 412. ISSN 0854-8498. https://journal.uii.ac.id/IUSTUM/article/view/1079.
Hanoum, R. Nadia et al. (2014). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Media Sosial. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.3, Oktober 2014. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3093.
Ilhamsyah. (2015). Televisi Nasional dan Tren Mahasiswa. Medan : Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. https://www.academia.edu/33771988/TELEVISI_NASIONAL_DAN_TREN_MAHASI SWA.
Indrayana, D. 2007. Amandemen UUD 1945: Antara mitos dan pembongkaran. Mizan Pustaka.
Lutfi, Chairul, 2018. Penguatan DPD RI Melalui Amandemen Kelima UUD NRI 1945. https://www.academia.edu/42350444/PENGUATAN_DPD_RI_MELALUI_AMANDEMEN_KELIMA_UUD_NRI_1945
Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.
Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.
Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).
Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pasundan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurhalimah, Sitti et al. 2019. Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Saputra, Andi. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, [S.l.], v. 40, n. 2, p. 207-216, may 2019. ISSN 2301-8593. Date accessed: 03 may 2021. doi:https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476
Sulthan, Muhammad dan S. Bekti Istiyanto. Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM, [S.l.], v. 3, n. 6, p. 1076-1092, mar. 2019. ISSN 2548-8309. Date accessed: 03 may 2021. doi:http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.280.
Suyanto, Totok et al. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 52-61, may 2018. ISSN 2541-1918. Date accessed: 03 may 2021. doi:https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17296.
Syah, T. 2009. Amandemen UUD Negara RI Tahun 1945 Menghasilkan Sistem Checks And Balances Lembaga Negara. https://pkh.komisiyudisial.go.id/files/ Karya%20Tulis-Taufiqurrohman%2001.pdf.
Tutik, Titik Triwulan. 2016. Konstruksi Hukum Tata Negara Indonesia Pasca Amandemen UUD 1945. Jakarta : Prenada Media Group.
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 tentang Mahkamah Agung.
Zuria, Siti Fatimatus dan Totok Suyanto. (2018). Kajian Keterampilan Intelektual Mahasiswa UNESA dalam Mengenali Berita Hoax di Media Sosial. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 06 Nomor 06 Jilid III Tahun 2018, 565 - 580. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegar aa/article/view/24906
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.