PERSEPSI MAHASISWA/I TERHADAP WACANA AMANDEMEN UUD NRI 1945 (Survei terhadap Mahasiswa STEI ITB Angkatan 2018)

Authors

  • Hendra Chayadi S. Institut Teknologi Bandung
  • Mohamad Alamsyah Institut Teknologi Bandung
  • M. Izzrul Izzrufi Institut Teknologi Bandung
  • Selma Racinta L. Institut Teknologi Bandung
  • Epin Saepudin Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1440

Keywords:

persepsi, amandemen ke-5, UUD 1945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa/i Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) angkatan 2018 terhadap wacana amandemen UUD NRI 1945 dengan menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif berupa kuesioner yang diberikan kepada 43 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa/i STEI ITB 2018 sering mengikuti berita politik yang terjadi di Indonesia melalui media sosial. Mereka juga tidak setuju amandemen UUD NRI 1945 Kelima dilakukan serta dari berbagai responden, mereka berharap, bila amandemen dilakukan, untuk mengoptimalkan alur kerja lembaga pemerintahan tanpa merubah sistem pemerintahan di Indonesia.


 

References

DAFTAR PUSTAKA

Adiarsi, Gracia Rachmi et al. (2015). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Binus Journal Publishing, Vol. 6 No. 4 (2015) Humaniora. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376.

Anggraini, Yesi, Armen Yasir, and Zulkarnain Ridlwan. 2016. PERBANDINGAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL SEBELUM DAN SESUDAH

AMANDEMEN UNDANG-UNDANG DASAR 194. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum 9 (1). https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v9no1.589.

Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia/APJII. 2020. “Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 [Q2]â€.

Azka, Fatih et al. (2018). Kecemasan Sosial dan Ketergantungan Media Sosial pada Mahasiswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, Volume 5, Nomor 2, 2018: 201-210. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3315.

Basuki, U. (2015). Amandemen Kelima Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Amanat Reformasi dan Demokrasi. PANGGUNG HUKUM, 1(1).

Basuki, U. Amandemen Kelima: Suatu Kajian Penyempurnaan Amandemen UUD 1945. Dalam Jurnal Sosio-Religia, 8. https://www.aifis-digilib.com/uploads/1/3/4/6/13465004/06_udiyo_basuki.pdf Darusman,

Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021a). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021b). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.

Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269.

Yoyo M. 2013. KAJIAN YURIDIS URGENSI AMANDEMEN KELIMA UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DALAM SISTEM HUKUM KETATANEGARAAN INDONESIA. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/Jurnal-ADIL/article/view/801

Fatwa, Andi Mappetahang. 2009. Potret konstitusi pasca amandemen UUD 1945. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Ghafur, Jamaludin. (2007). Penguatan Lembaga DPD Melalui Amandemen Ulang Lembaga MPR. JURNAL HUKUM NO. 3 VOL. 14 JULI 2007: 366 - 412. ISSN 0854-8498. https://journal.uii.ac.id/IUSTUM/article/view/1079.

Hanoum, R. Nadia et al. (2014). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Media Sosial. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.3, Oktober 2014. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3093.

Ilhamsyah. (2015). Televisi Nasional dan Tren Mahasiswa. Medan : Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. https://www.academia.edu/33771988/TELEVISI_NASIONAL_DAN_TREN_MAHASI SWA.

Indrayana, D. 2007. Amandemen UUD 1945: Antara mitos dan pembongkaran. Mizan Pustaka.

Lutfi, Chairul, 2018. Penguatan DPD RI Melalui Amandemen Kelima UUD NRI 1945. https://www.academia.edu/42350444/PENGUATAN_DPD_RI_MELALUI_AMANDEMEN_KELIMA_UUD_NRI_1945

Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pasundan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurhalimah, Sitti et al. 2019. Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Saputra, Andi. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, [S.l.], v. 40, n. 2, p. 207-216, may 2019. ISSN 2301-8593. Date accessed: 03 may 2021. doi:https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Sulthan, Muhammad dan S. Bekti Istiyanto. Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM, [S.l.], v. 3, n. 6, p. 1076-1092, mar. 2019. ISSN 2548-8309. Date accessed: 03 may 2021. doi:http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.280.

Suyanto, Totok et al. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 52-61, may 2018. ISSN 2541-1918. Date accessed: 03 may 2021. doi:https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17296.

Syah, T. 2009. Amandemen UUD Negara RI Tahun 1945 Menghasilkan Sistem Checks And Balances Lembaga Negara. https://pkh.komisiyudisial.go.id/files/ Karya%20Tulis-Taufiqurrohman%2001.pdf.

Tutik, Titik Triwulan. 2016. Konstruksi Hukum Tata Negara Indonesia Pasca Amandemen UUD 1945. Jakarta : Prenada Media Group.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 tentang Mahkamah Agung.

Zuria, Siti Fatimatus dan Totok Suyanto. (2018). Kajian Keterampilan Intelektual Mahasiswa UNESA dalam Mengenali Berita Hoax di Media Sosial. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 06 Nomor 06 Jilid III Tahun 2018, 565 - 580. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegar aa/article/view/24906

Published

2021-05-09

Issue

Section

Articles