IMBAS NEGATIF GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Yuliana Setyawati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Qori Septiani Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Risky Aulia Ningrum Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ratna Hidayah Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530

Abstract

Pendidikan dalam perkembangannya tidak dapat lepas dari pengaruh perkembangan globalisasi, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Perkembangan globalisasi telah tampak dan mulai ada sekitar 1000 dan 1500 M. Saat itu ditandai dengan adanya interaksi dalam hubungan antar bangsa di dunia, mulai dari para pedagang melalui jalur darat maupun jalur laut. Para pedagang selain melakukan perdagangan mereka juga menyebarkan nilai-nilai agama, nilai-nilai sosial, seni, dan pendidikan. Sistem pendidikan di era dahulu dengan era globalisasi sangat berbeda, misalnya saja pada pembelajaran. Jika dahulu dilakukan secara tatap muka maka sekarang pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap maya dimanapun berada. Hal ini mengakibatkan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa. Imbas negatif dari globalisasi di bidang pendidikan lainnya yaitu pengelompokan status sosial, melemahnya kekuatan kontrol pendidikan oleh negara, menurunnya kualitas moral siswa, tergerusnya kebudayaan local, dan munculnya tradisi serba cepat.

Sebagai warga negara Indonesia yang kental akan budaya, sudah seharusnya kita menyaring hal-hal yang masuk. Karena jika tidak dapat menggerus budaya local yang sudah ada. Karena tidak semua budaya luar itu cocok dengan budaya kita. Saran bagi penulisan selanjutnya semoga dapat lebih divariasikan sumber dan topic pembahasan agar semakin menarik.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwi. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 Gu. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2). From: https://hukum.unidayan.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/84

Amelia, R. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meminimalisir Pengaruh Globalisasi Terhadap Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa SMAN 1 Majalaya. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 103-110. From: http://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/737/673

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi: Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma : Jurnal Pendidikan, 3(1). From: https://jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/03105.2019/51

Efferi, A. (2015). Mengelola Lembaga Pendidikan di Era Global (Pergeseran Paradigma Humanis Menjadi Bisnis). Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-19. From: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/viewFile/1170/1071

Hermino, A, 2018, Guru dalam Tantangan Globalisasi: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. From: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:NXPwfMJbs8AJ:unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/54+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id

Khasanah, N, 2019, Globalisasi dan Gejalanya, Klaten : Cempaka Putih.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. From: https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459/319

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544-1550. From: http://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134/1017

Mayeni, R., O. Syafti, dan Sefrinal. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja Dilihat dari Nilai-Nilai Karakter. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 7(2), 239-246.From: https://doi.org/10.15548/turast.v7i2.1298

Melfiora. Penulisan karya tulis ilmiah dengan studi literature. UPT Balai penyuluhan pertanian pekanbaru.

Muslam. (2011). Globalisasi dalam pendidikan (desain kurikulum yang harus dikembangkan dalam pendidikan di era globalisasi). Jurnal wahana akademika,12.

Mustari, M., & Rahman, M. T. 2014, Manajemen pendidikan, Jakarta: Raja grafika persada

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Salim, K., dan Mira Puspa Sari. (2014). Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan. From: https://www.researchgate.net/profile/Kalbin-Salim/publication/271205216_PENGARUH_GLOBALISASI_TERHADAP_DUNIA_PENDIDIKAN_Oleh/links/54c13b640cf2d03405c502c8/PENGARUH-GLOBALISASI-TERHADAP-DUNIA-PENDIDIKAN-Oleh.pdf

Saodah, dkk. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3). From: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/907/626

Subiyanto. (2019). Globalisasi dan pendidikan global. Jurnal transformasi, 15(2).

Suryana, Y, dkk, 2018, Globalisasi. Klaten: Cempaka Putih.

Suryana,Y.,dkk, 2018, Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Globalisasi, Klaten: Cempaka Putih.

Published

2021-12-02