IMBAS NEGATIF GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530Abstract
Pendidikan dalam perkembangannya tidak dapat lepas dari pengaruh perkembangan globalisasi, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Perkembangan globalisasi telah tampak dan mulai ada sekitar 1000 dan 1500 M. Saat itu ditandai dengan adanya interaksi dalam hubungan antar bangsa di dunia, mulai dari para pedagang melalui jalur darat maupun jalur laut. Para pedagang selain melakukan perdagangan mereka juga menyebarkan nilai-nilai agama, nilai-nilai sosial, seni, dan pendidikan. Sistem pendidikan di era dahulu dengan era globalisasi sangat berbeda, misalnya saja pada pembelajaran. Jika dahulu dilakukan secara tatap muka maka sekarang pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap maya dimanapun berada. Hal ini mengakibatkan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa. Imbas negatif dari globalisasi di bidang pendidikan lainnya yaitu pengelompokan status sosial, melemahnya kekuatan kontrol pendidikan oleh negara, menurunnya kualitas moral siswa, tergerusnya kebudayaan local, dan munculnya tradisi serba cepat.
Sebagai warga negara Indonesia yang kental akan budaya, sudah seharusnya kita menyaring hal-hal yang masuk. Karena jika tidak dapat menggerus budaya local yang sudah ada. Karena tidak semua budaya luar itu cocok dengan budaya kita. Saran bagi penulisan selanjutnya semoga dapat lebih divariasikan sumber dan topic pembahasan agar semakin menarik.
References
DAFTAR PUSTAKA
Alwi. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 Gu. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2). From: https://hukum.unidayan.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/84
Amelia, R. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meminimalisir Pengaruh Globalisasi Terhadap Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa SMAN 1 Majalaya. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 103-110. From: http://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/737/673
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi: Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma : Jurnal Pendidikan, 3(1). From: https://jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/03105.2019/51
Efferi, A. (2015). Mengelola Lembaga Pendidikan di Era Global (Pergeseran Paradigma Humanis Menjadi Bisnis). Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-19. From: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/viewFile/1170/1071
Hermino, A, 2018, Guru dalam Tantangan Globalisasi: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. From: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:NXPwfMJbs8AJ:unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/54+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id
Khasanah, N, 2019, Globalisasi dan Gejalanya, Klaten : Cempaka Putih.
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. From: https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459/319
Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544-1550. From: http://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134/1017
Mayeni, R., O. Syafti, dan Sefrinal. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja Dilihat dari Nilai-Nilai Karakter. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 7(2), 239-246.From: https://doi.org/10.15548/turast.v7i2.1298
Melfiora. Penulisan karya tulis ilmiah dengan studi literature. UPT Balai penyuluhan pertanian pekanbaru.
Muslam. (2011). Globalisasi dalam pendidikan (desain kurikulum yang harus dikembangkan dalam pendidikan di era globalisasi). Jurnal wahana akademika,12.
Mustari, M., & Rahman, M. T. 2014, Manajemen pendidikan, Jakarta: Raja grafika persada
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Salim, K., dan Mira Puspa Sari. (2014). Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan. From: https://www.researchgate.net/profile/Kalbin-Salim/publication/271205216_PENGARUH_GLOBALISASI_TERHADAP_DUNIA_PENDIDIKAN_Oleh/links/54c13b640cf2d03405c502c8/PENGARUH-GLOBALISASI-TERHADAP-DUNIA-PENDIDIKAN-Oleh.pdf
Saodah, dkk. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3). From: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/907/626
Subiyanto. (2019). Globalisasi dan pendidikan global. Jurnal transformasi, 15(2).
Suryana, Y, dkk, 2018, Globalisasi. Klaten: Cempaka Putih.
Suryana,Y.,dkk, 2018, Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Globalisasi, Klaten: Cempaka Putih.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.