MENINJAU SEJAUH MANA IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Shofi Nurul Hikmah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1745

Abstract

Abstrak

Penelitian ini lebih menekankan kepada sejauh mana capaian pendidikan kewarganegaraan di dalam bentuk implementasi mahasiswa di kehidupan sehari-harinya. Berdasarkan hasil penelitian yang penu- lis lakukan dengan judul “Meninjau Sejauh Mana Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pen- didikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi (Studi Deskriptif Analitik Terhadap Mahasiswa PGSD UPI Cibiru)†dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Dari 18 responden mahasiswa PGSD UPI Ci- biru ternyata dalam prakteknya sudah banyak dan mengetahui mengenai kajian materi di dalam mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. 2) Namun, dalam bentuk implementasinya dirasa masih sangat kurang dalam kehidupan sehari-harinya. 3) Selain itu, di dapatkan data bahwa para mahasiswa menilai penting sekali pendidikan karakter untuk diberikan pada jenjang yang diampunya. Dengan demikian, orientasi pendidikan kewarganegaraan dalam proses pendidikan karakter bagi mahasiswa ini penting untuk selalu ditanamkan dan diberikan pengarahan. Tujuan ini dapat dicapai jika terjadi bentuk kerja sama antara pemerintah, lembaga pendidikan dan mahasiswa itu sendiri.

Kata kunci: pendidikan karakter, mahasiswa, nilai pendidikan kewarganegaraan.

 

Abstract

This research emphasizes the extent of the achievements of civic education in the form of student imple- mentation in their daily lives. Based on the results of research conducted by the author with the title "Re- viewing the extent to which the implementation of character education values through citizenship educa- tion in higher education (Analytical Descriptive Study of PGSD UPI Cibiru students)" can be taken as fol- lows: 1) Out of 18 respondents of PGSD UPI Cibiru students, it turns out that in practice already many and know about material studies in civic education courses. 2) However, in the form of implementation, it is still lacking in daily life. 3) In addition, obtain data that students assess the importance of character education to be given at the level they are attending. Thus, the orientation of civic education in the character educa- tion process for students is important to always be instilled and given direction. This goal can be achieved if there is a form of cooperation between the government, educational institutions and the college students. Key Words: character education, college students, the value of civic education.

References

DAFTAR PUSTAKA

Amalia Nur Anindia, M Ilham Kharisma. (2020). Pemanfaatan Era Revolusi Industri 4.0 Sebagai Upaya Penunjang Pendidikan Karakter Peserta Didik. Proceeding of the ICECRS, 2-3.

Ambrio, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. jurnal pancasila dan kewarganegaraan, 1-6.

Andriadi, Nengah S, Wayan L. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada SMAN 1 Sawan. Ganesha Civic Education Ejournal, 80-81.

Bambang, S. (2015). Pendidikan Karakter Solusi Mengatasi Krisis Moral Bangsa. uin, 74-76. Budi, J. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 2-4.

Debrio, P. M. (2018). Integritas Akademik Pada Mahasiswa . 2-3.

Eko, P. (2018). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menerapkan Model Project Citizen Dalam Pembangunan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 60-62.

Encep, N. S. (2016). Analisis Konten Dimensi Implementasi Kebijakan Publik pada Konten Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 11-13.

Hamidah. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. jurnal.iain- padangsidimpuan.ac.id, 27-30.

Hanum, A. (2018). Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan. UIN Malang, 24-25.

Kristi, W. (2014). Proses Penanaman Nilai Budi Pekerti Pada Pembelajaran Kelas Rendah di SD Tamanmuda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. JIPSINDO, 123-126.

Muchtar, Putri Mahanani, M. Imron Rosyadi. (2015). Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Sekolah Dasar, 1-7.

Nur, A. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Waleri Kendal. UIN Walisongo, 13-26.

Nurgiansah, T. H. (2020a). Fenomena Prostitusi Online Di Kota Yogyakarta Dalam Persfektif Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 27–34. https://doi.org/10.24114/jk.v17i1.14208

Nurgiansah, T. H. (2020b). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2020c). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. JNPM: Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.

Nurgiansah, T. H. (2021a). Partisipasi Politik Masyarakat Sleman di Masa Pandemi Covid-19 dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 1–9.

Nurgiansah, T. H. (2021b). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Nurgiansah, T. H. (2021c). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H. (2021d). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.

Nurmalisa Yunisca, Ana M, Rohman. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 39- 42.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatma Publishing.

Purnomo, A. C. (n.d.). Peran PKn dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Nilai di Perguruan Tinggi. jurnal.uns.ac.id, 1-3.

Rolitia Meta, Yani A, Wahyu E. (n.d.). Nilai Gotong Royong Untuk Memperkuat Solidaritas Dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Naga. 5-6.

Saiful, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Moral Di Sekolah. Ta'alum, 1-2.

Sukron Mazid, Suharno Suharno. (2019). Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan IPS, 1-7.

Winarno. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan . Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2021-12-02